Candi Prambanan dan Candi Borobudur Masuk Beberapa Rujukan CNN Travel

Asia Tenggara merupakan alternatif destinasi dengan lengkapnya objek wisata serta biaya yang terjangkau. Di kalangan backpacker hingga turis kelas atas dari Amerika Utara, Australia, Eropa, dan Timur Tengah Asia Tenggara menjadi salah satu destinasi yang seksi dan semakin dilirik untuk dikunjungi.

Ada beragam destinasi yang bisa dikunjungi. Hal ini dipermudah dengan akses yang cukup memadai bagi para turis. Walhasil, meskipun dunia dilanda krisis ekonomi berkepanjangan, pelesiran ke Asia Tenggara merupakan pilihan terbaik: biaya terjangkau, destinasi kelas satu, lanskap indah, dan atraksi budaya yang memukau.

Menurut versi CNN Travel yang diliuncurkan pada Agustus 2019 lalu, ada beberapa kota yang menjadi rujukan kunjungan wisatawan di Asia Tenggara, salah satunya Yogyakarta. Yogyakarta dianggap sebagai ibu kota budaya Jawa, berkat pemandangan seni yang semarak, butik, ritual tradisional yang berakar dalam, dan situs-situs keagamaan.

Di sini pula, wisatawan akan menemukan dua situs arkeologi paling penting yang juga terdaftar di UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia, Candi Prambanan dan Candi Borobudur.

Dibangun pada abad ke-9, Candi Borobudur yang letak aslinya berada di Magelang, Jawa Tengah, berjarak kurang lebih 40 kilometer dari Yogyakarta, memang dikatakan sebagai candi Budha terbesar di dunia. Candi ini sangat megah dan amat terkenal dengan panoramanya saat matahari terbit.

Sementara itu, Candi Prambanan yang terletak di dua provinsi, Yogyakarta dan Jawa Tengah, berbentuk menara berukir dan elemen arsitektur Hindu.

Sebagai tradisi lama, Candi Prambanan menjadi tuan rumah pertunjukan sendratari Ramayana, yang merupakan sebuah dramatari yang tak terlupakan serta menyentuh akar budaya Jawa. Sajian yang pastinya memperkaya sekaligus menghibur wisatawan semua.

Selain Yogyakarta, Bali juga termaksud sebagai destinasi rujukan versi CNN Travel ini. Pulau ini menghadirkan relaksasi dan religi sekaligus. Hal ini dapat dirasakan di seluruh wilayah di tebing yang megah di Uluwatu, ombak yang tenang di Nusa Dua, klub pantai yang trendi di Seminyak dan sawah dan pura yang dramatis di Ubud.

Selain itu, beberapa destinasi Asia Tenggara yang masuk dalam daftar adalah Penang, Malaysia; El Nido, Filipina; Siem Reap, Kamboja; Hanoi dan Phu Quoc, Vietnam; Chiang Rai, Thailand; Luang Prabang, Laos.

Sumber: CNN travel | Tempo.co


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan