Candi Borobudur Terhubung Angkutan Antarmoda Dari Bandara YIA

Candi Borobudur akan terhubung oleh Yogyakarta International Airport (YIA) dengan angkutan Antarmoda dari Perum DAMRI. Penambahan lima rute tambahan untuk angkutan Antarmoda dari YIA ini dalam rangka mendukung pengoperasian penuh bandara yang akan direncanakan pada 29 Maret 2020.

Adapun kelima rute tersebut di antaranya rute pertama akan berlangusng dari Sleman City Hall menuju Komplek Pemda Sleman, Terminal Jombor dan berakhir di Yogyakarta International Airport. Rute pertama diperkirakan memakan waktu tempuh satu jam 28 menit dengan jarak 58,5 kilometer. Waktu keberangkatan angkutan ini setiap 20 menit sekali.

Sementara itu, rute kedua melayani rute sekitar Kulon Progo hingga Magelang yaitu Yogyakarta International Airport menuju Tebing Gunung Gajah, Goa Kiskendo, Plono, Samigaluh, Jalan Nanggulan, Mendut, dan berakhir di Candi Borobudur via Bukit Menoreh. Rute ini diperkirakan memakan waktu tempuh dua jam 30 menit dengan jarak 82 kilometer dan keberangkatan setiap 30 menit.

Rute ketiga dengan trayek Yogyakarta International Aiport, Wates, Nanggulan, Dekso, dan berakhir di Candi Borobudur akan memakan waktu tempuh satu jam 30 menit. Jarak yang akan ditempuh rute ketiga ini yaitu 61,3 kilometer dengan keberangkatan setiap 30 menit sekali.

Rute keempat dengan trayek Candi Borobudur, Terminal Muntilan, Terminal Jombor, dan berakhir di Grand Inna Malioboro akan diperkirakan memakan waktu satu jam 13 menit. Jarak rute ini 39,8 kilometer dengan keberangkatan angkutan setiap 30 menit sekali.

Rute kelima yaitu Yogyakarta International Airport, Ambarketawang, Wirobrajan, Universitas Gajah Mada, Jalan Affandi Gejayan, dan berakhir di Hartono Mall. Perkiraan waktu tempuh rute ini adalah satu jam 33 menit. Jarak rute kelima ini yaitu 51,8 kilometer dan keberangkatan setiap 20 menit sekali.


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan