Baksos IIP BUMN di Balkondes Karangrejo

Dukung Balkondes Karangrejo sebagai Kampung Organik, IIP BUMN DIY Gelar Bakti Sosial dan Pemasyarakatan Pangan Sehat Berbasis Bahan Organik di Balai Ekonomi Desa Karangrejo

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko ( Persero ) bersinergi dengan BUMN – BUMN lain, saat ini tengah fokus untuk mengembangkan kawasan Borobudur sebagai bagian dari kegiatan Corporate Social Responsibility ( CSR ). Salah satunya dengan pendirian Balai Ekonomi Desa ( Balkondes ) dan Homestay sebagai wujud nyata upaya pengembangan kawasan Wisata sekitar Candi Borobudur. Melalui balkondes ini diharapkan dapat mengakomodir potensi – potensi wisata desa di kawasan Borobudur.

PT Taman Wisata Candi, Patra Jasa dan ITDC selaku BUMN pendamping bersinergi dengan PGN selaku BUMN sponsor mendirikan balkondes Karangrejo yang lebih dikenal dengan kampung organik. Keberadaan Balkondes Karangrejo diharapkan mampu menghidupkan geliat pariwisata kawasan Borodudur , serta memberikan dampak ekonomi bagi warga masyarakat sekitar didukung dengan potensi wisata luar biasa. Ada track Sepeda Onthel, Budidaya Tanaman Organik, Pengolahan Pupuk Organik, Kesenian Jathilan, Kuliner Khas Sego Megono, Criping Ketela, Souvenir Mozaik Batik, Umbi Akar dan masih banyak lagi.

Untuk mendukung Desa Karangrejo sebagai Kampung Organik, hari ini Jumat 15 September 2017, Ikatan Istri Pimpinan ( IIP ) BUMN DIY melaksanakan kegiatan Bakti Sosial IIP BUMN DIY dan Pemasyarakatan Pangan Sehat Berbasis Bahan Organik di Balai Ekonomi Desa Karangrejo, Desa Karangrejo Borobudur.

“ Kegiatan hari ini Ikatan Istri Pimpinan ( IIP ) BUMN ini melakukan satu kegiatan pemanfaatan Balai Ekonomi Desa di Desa Karangrejo berupa bakti sosial. Kegiatannya penyerahan bibit sayur – sayuran kepada warga desa Karangrejo karena Desa Karangrejo ini mendedikasikan kampungnya sebagai kampung organik sehingga kita ingin mensosialisasikan sayur dan buah dengan metode organik disini. Metode organik ini tidak harus dilakukan dilahan yang luas, tetapi bisa juga dilakukan di halaman – halaman rumah, sehingga IIP melakukan kegiatan ini, mensosialisasikan kepada warga karena sudah menamai dirinya dengan kampung organik, sehingga warga disini bisa sama – sama melakukan kegiatan – kegiatan organik dirumahnya. “ kata Koordinator IIP BUMN DIY Heriyanti Suzan Edy Setijono

“Selain itu, kita juga berharap dengan melakukan kegiatan menanam sayur dan buah organik, kita juga dapat mengkonsumsi sayur dan buah yang sehat untuk kehidupan yang lebih baik bagi generasi selanjutnya. Yang paling penting kita harus sudah mengurangi pupuk pupuk pestisida karena dalam jangka waktu yang lama dapat merusak tubuh. Mudah – mudahan kegiatan IIP kita di hari ini, kita mulai mensosialisasikan tentang kegiatan organik, bisa dilakukan terus menerus, berkelanjutan dan tentunya juga akan menambah penghasilan untuk keluarga setempat, apalagi ini ada dilingkungan pariwisata yang kental disini, tetapi basicnya di Borobudur adalah petani dengan tanahnya yang subur hal ini bisa sangat dilakukan dengan metode organik yang sudah tidak asing lagi. “ tambah Suzan.

Dalam kegiatan hari ini juga dilakukan penyerahan cinderamata kepada anggota IIP BUMN DIY yang mutasi dan pensiun.

 


Kategori Berita