TWCB Selenggarakan Pelatihan Memandu Persiapkan SDM Untuk Pengembangan Wisata Kawasan

Borobudur, 6 Oktober 2016. Guide atau pemandu wisata merupakan ujung tombak dari kegiatan pariwisata. Demikian halnya dengan pariwisata Kawasan Borobudur dengan Candi Borobudur sebagai magnetnya, Guide memiliki peran penting didalamnya. Untuk itu, seorang guide harus dipersiapkan lebih baik lagi dalam mengemban tugas berkomunikasi memberikan informasi kepada setiap wisatawan.
Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB) bekerjasama dengan DPD HPI Kabupaten Magelang menyelenggarakan Pelatihan Teknik Memandu bagi masyarakat Kecamatan Borobudur di Balai Ekonomi Desa Borobudur, 6-7 Oktober 2016. Peserta yang mengikuti pelatihan ini adalah para pengelola destinasi wisata desa di sekitar Borobudur baik destinasi wisata kuliner, rumah kreasi produksi maupun pengelola obyek wisata. 

"Seorang pemandu harus memiliki pengetahuan tentang Product Knowledge, sehingga guide nantinya bisa menceritakan tentang produk wisata, potensi wisata yang dimiliki masing-masing desa di kawasan Borobudur. Selain itu, performa guide juga harus diperhatikan. Kerapian, kewangian dan bisa membawa suasana sehingga wisatawan merasa nyaman. Penguasaan bahasa Inggris juga penting untuk berkomunikasi dengan wisatawan mancanegara. Untuk itu, kami memberikan pelatihan ini, semoga dapat menjadi bekal yang bermanfaat bagi teman-teman pemandu", kata Kepala Unit TWCB, Chrisnamurti Adiningrum. 
Chrisna juga menambahkan bahwa pelatihan ini diselenggarakan untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat didalam memberikan pelayanan kepada wisatawan. Pada pelatihan ini peserta diberikan pengetahuan mengenai teknik memandu yang baik, etika pelayanan, bahasa Inggris dasar, dsb. “Jika pelayanan yang diberikan baik, saya yakin wisatawan akan memiliki kerinduan untuk kembali berkunjung ke Borobudur dan kawasan”, tambah Chrisna.

Sementara itu, Camat Borobudur Nanda Cahyadi Pribadi menyambut baik hal ini. Ucapan terimakasih kepada TWCB yang telah memfasilitasi kegiatan pelatihan ini. Sangat bermanfaat bagi warga masyarakat untuk meningkatkan kualitas dalam melayani wisatawan. Camat Borobudur juga berharap, para pemandu atau guide ini dapat menyebarluaskan informasi mengenai kawasan wisata desa sekitar Borobudur dengan berbagai potensi wisata yang dimiliki. Borobudur tidak hanya Candi Borobudur saja, tetapi masih banyak destinasi wisata lain yang tersebar di kawasan Borobudur. (Ruri-Borobudur)


Kategori Berita