Sendratari Mahakarya Borobudur Peringatan 200 Tahun Penemuan Candi Borobudur

PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko kembali menggelar Sendratari Mahakarya Borobudur, Sabtu 23 Agustus 2014 di Panggung Akhsobya komplek Taman Wisata Candi Borobudur. Pagelaran Sendratari Mahakarya Borobudur ini merupakan pementasan ke-19, sejak dipentaskan pertama kali pada tahun 2005.

            Bertepatan dengan peringatan 200 tahun penemuan Candi Borobudur, Sendratari Mahakarya Borobudur ini kembali digelar dengan harapan masyarakat bisa memahami asal usul pembangunan candi. Sendratari ini mengisahkan tentang sejarah Candi Borobudur yang diambil dari relief Karmawibangga. Yang kemudian diterjemahkan melalui gerakan-gerakan tari oleh 150 penari dan 100 pengrawit atau penabuh gamelan. Para penari yang terlibat adalah seniman lokal Magelang dan penari dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.

            Prof. Dr. Ir. Budi Susilo Soepandji DEA (Gubernur Lemhanas RI), Prof. Kacung Marijan (Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI), I Gde Ardike dan sederet tokoh penting lainnya turut hadir menyaksikan Sendratari Mahakarya Borobudur yang digelar pada pukul 20.00 – 21.00 WIB itu. Sebelumnya mereka menikmati jamuan makan malam yang eksotis di Manohara Hotel, bersama dengan jajaran Direksi PT.Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko. Aneka menu tradisional seperti wedang ronde, siomay, aneka gorengan, dsb.

            Dihalaman bawah panggung Akhsobya berderet gubuk-gubuk yang diisi dengan beragam potensi wisata sekitar Borobudur, seperti galeri lukisan KSBI (Komunitas Seniman Borobudur Indonesia), kerajinan Batik Kayu “BW Craft”, kerajinan tangan “Lidya Art”, kerajinan Wayang Gunung, kerajinan Gerabah “Arum Art” serta kerajinan Batik Tulis Kawasan. Pihak sponsor seperti BRI dan Telkomsel juga turut mengisi gubuk-gubuk diareal tersebut. Sedangkan para tamu, dimanjakan dengan menu tradisional seperti aneka gorengan, sukun goreng, tiwul, apem kucur, tahu bakso, dan wedang jahe serta nasi kucingan khas angkringan.

            Pagelaran Sendratari Mahakarya Borobudur kali ini berjalan lancar. Diakhir pementasan, jajaran Direksi PT.Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko beserta segenap tamu undangan VIP menyempatkan berfoto bersama. Para penonton lainnya pun segera menyerbu para penari Sendratari Mahakarya Borobudur untuk berfoto bersama.

 

            


Kategori Berita