Paket Wisata Budaya Pementasan Ramayana Siang Pagi Hari

Teater & Pentas adalah salah satu unit PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko yang mengelola Seni Pertunjukan yaitu Sendratari Ramayana. Sendratari Ramayana telah dipentaskan secara regular setiap Hari Selasa, Kamis dan Sabtu pukul 19.30 WIB. Melihat antusias penonton dari kalangan pelajar, Instansi maupun masyarakat umum untuk menyaksikan Sendratari Ramayana tidak jarang pementasan sendratari Ramayana dipentaskan sehari dua bahkan sampai tiga kali pementasan dalam sehari ( yaitu pukul 14.00 , pukul 16.00 dan 19.30 WIB ).

Sesuai Arahan Direktur Operasi tentang penjajagan pangsa pasar yang baru,  maka Unit Teater & Pentas mencoba trial pementasan Ramayana pada pagi hari yaitu pukul 10.00 WIB. Tujuan Pementasan Ramayana pagi hari ini antara lain adalah Menjaring pengunjung pelajar untuk dapat diarahkan menyaksikan pertunjukan pentas Sendratari Ramayana pada pagi hari , Menciptakan kegiatan pentas Sendratari Ramayana pada pagi hari , Mengurai pengunjung pelajar pada saat musim liburan sekolah serta Memberikan alternatif kunjungan pelajar untuk menyaksikan pertunjukan Sendratari Ramayana selain pada waktu malam hari. Sasaran dalam Pementasan Sendratari Ramayana Pagi Hari ini untuk Segmentasi Pasar Pengunjung Domestik dan Asing  serta Segmentasi Pasar Pengunjung Pelajar .

Program Pementasan Sendratari Ramayana pagi hari ini diharapkan akan menjadi Paket Baru Kunjungan ke Sendratari Ramayana dengan tema Paket Wisata Budaya. Paket ini disingkronisasi dengan Tiket Masuk Candi Prambanan. Untuk Satu Tiket berlaku untuk tiket masuk ke Candi Prambanan dan menyaksikan pertunjukan Sendratari Ramayana.

Ketentuan Harga Tiket adalah sebagai berikut :

a) Tiket Domestik (umum) Rp. 100.000,- (seratus ribu rupiah)

(tiket Pertunjukan Ramayana Ballet Prambanan & Tiket masuk ke Candi Prambanan pada tanggal tersebut).

b) Tiket Asing & pelajar Asing Rp. 100.000,- (seratus ribu rupiah)

 (hanya berlaku tiket Pertunjukan Ramayana Ballet Prambanan).

c) Tiket Pelajar Domestik Rp. 50.000,- (lima puluh ribu rupiah)

(tiket pertunjukan Ramayana Ballet Prambanan & Tiket masuk ke Candi Prambanan pada tanggal tersebut)

Trial Pementasan Sendratari Ramayana Pagi Hari yang telah dilaksanakan oleh Unit Teater & Pentas adalah Hari Minggu di Bulan November Tanggal 15 & 22 November 2015 serta pada Bulan Desember  tanggal  20 & 27 Desember 2015. Dalam Trial Pementasan tersebut telah diedarkan Questioner bagi penonton dengan indikator pertanyaan berdasarkan tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan maka diperoleh data hasil Questioner.

Berdasarkan Tingkat Kepentingan dari data hasil survey menunjukkan sebesar 90,4 % sedangkan berdasarkan tingkat kepuasan sebesar 84,6 %. Hasil Kepentingan menunjukan 90, 4 % dari beberapa pertanyaan yang menyangkut Kebersihan, Sarana Informasi, Kualitas Pertunjukan, Pelayanan dan Keramahan, Penanganan Reservasi, Ketepatan Waktu Pertunjukan, Keseuaian Harga dan Fasilitas , serta Kenyamanan Selama Pementasan berlangsung. Menurut hasil survey penonton dilihat dari beberapa Indikator diatas menurut mereka sangat penting. Sedangkan berdasarkan hasil survey untuk Tingkat kepuasan sebesar 84,6 % terdapat selisih sebesar 5,8 %. Selisih inilah yang akan menjadi tugas bagi Unit Teater & Pentas untuk meningkatkan pelayanan bagi Kepuasan Penonton Sendratari Ramayana.

 

DATA JUMLAH PENONTON TRIAL PENTAS PAGI HARI

NO

HARI / TANGGAL

JUMLAH PENGUNJUNG

UMUM

PELAJAR

ASING

1

Minggu, 15 November  2015

 

200 ( free )

 

2

Minggu, 22 November 2015

87

95

 

3

Minggu, 20 Desember 2015

95

11

 

4

Minggu 27 Desember 2015

60

112

6

Analisa Jumlah kunjungan ke Ramayana Ballet dari table di atas berdasarkan hasil survey kepada penonton yang menyaksikan Pertunjukan Ramayana Pagi hari, Informasi Pentas Siang Hari diperoleh melalui Loket Candi Prambanan , informasi dari teman serta Informasi melalui contact no telepon reservasi tiket ramayana. Strategi Unit Teater & Pentas selanjutnya dalam pemasaran dan informasi ke depannya akan melalukan sosialisasi dan informasi Pentas Ramayana Pagi hari dengan Tema Paket Wisata Budaya melalui media sosial ,internet, sales call ke travel agent, sekolah-sekolah serta hotel-hotel yang ada di Yogyakarta akan lebih ditingkatkan lagi. 


Kategori Berita