PT. TWC Hadirkan Variasi Pagelaran Sendratari Ramayana Dengan Opera

PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko mempersembahkan Opera Ramayana Prambanan "Sang Hanoman" bersama bintang tamu Endah Laras, pagelaran yang di tampilkan di panggung terbuka Ramayana Ballet Prambanan ini terselenggara atas kerjasama PT.TWC dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan Studio Moncar Surakarta.

Opera Ramayana ini terinspirasi dari relief- relief cerita Ramayana yang terpahat di pagar langkang Candi Prambanan, cerita epik Ramayana ini dengan filosofi kehidupan manusia di dunia.

Dengan Sutradara Agung Kusumo Widagdo,S.Sn, Komposer Dedek Wahyu Sutrisno, Koreo Grafer Anggono Kusumo Wibowo, S.Sn.,M.Sn & Dorothea Quin Haryati, S.Sn, Penari, Group Tari Moncar Iswara Surakarta & Seniman seniwati Alumni Isi Surakarta dengan bintang Tamu Endah Laras.

Pagelaran Opera Sang Hanoman ini di awali dengan sebuah pertunjukan yang mengisahkan sebuah cerita, berawal dengan penculikan Dewi Shinta oleh Rahwana dan berakhir dengan pembakaran Hanoman, pertunjukan yang spektakuler ini adalah sebuah bentuk seni pementasan yang dramatis, akting dan kata-kata penari yang di iringi dengan kolaborasi musik Jawa dan musik bali dengan didukung kemegahan panggung terbuka Ramayana Prambanan berlatar belakang patung raksasa sang Hanoman juga kemegahan Candi Prambanan.

General Manager Unit Teater & Pentas Ramayana Ballet Prambanan, Bambang Irianto mengatakan, secara periodik harapannya Opera ini untuk bisa di tampilkan sebagai alternatif pertunjukan yang yang ada di panggung terbuka Ramayana Ballet Prambanan.

Bambang menambahkan, "yang lebih menggembirakan lagi adalah opera ini di hadiri sejumlah 1200 orang, hampir 50% mahasiswa dan pelajar, sedangkan pementasan Ramayana yang reguler tetap di pentaskan sesuai calender Pentas dengan segmen yang sudah ada".

Sahala Parlindungan Siahaan selaku Direktur Pemasaran dan Pengembangan Usaha PT. TWC Borobudur, Prambanan & Ratu Boko mengatakan, ingin memanfaatkan sarana yang ada di Ramayana untuk bisa pengembangan seni budaya yang ada di sekitar, sehingga sarana yang ada di panggung bisa di optimalkan dalam pemanfaatannya.

Sahala berharap, agar ini semakin berkembang lagi, masyarakat Indonesia dan masyarakat asing, pengunjung-pengujung asing itu bisa merasakan sebuah karya seni budaya yang menarik yang bisa menjadi simbul daripada pusat budaya yang ada di Jogja ini.

Seusai pagelaran, digelar juga penganugerahan, dengan mengkalungkan rangkaian bunga sebagai ucapan selamat dan sukses atas pagelaran Opera "Sang Hanoman" kepada Sutradara Opera Sang Hanoman, Agung Kusumo Widagdo,S.Sn oleh Komandan Korem 072 Yogyakarta, Brigjen TNI Stephanus Tri Mulyono, kepada Komposer Dedek Wahyu Sutrisno oleh Direktur Operasi PT.TWC Ir. Retno Hardiasiwi W, SE, kepada Koreo Grafer Puta Anggono Kusumu Wibowo, S.Sn.,M.Sn oleh kepala BRI Cabang Melati Sutarta dan kepada Koreo Grafer Putri, Dorothea Quen Haryati, S.Sn oleh Kepala Cabang Jasa Raharja Putra Cabang Yogyakarta, dan di akhiri foto bersama dengan para penari. Prambanan, 27 Mei 2016.


Kategori Berita