Menteri Keuangan & Perpajakan Korea Selatan Kunjungi Candi Borobudur Momentum Promosikan Pariwisata Indonesia

Borobudur, 21 Oktober 2016. Menteri Keuangan & Perpajakan Korea Selatan, Mr. Lim Hwensu mengunjungi Candi Borobudur. Mr. Lim dan rombongan tiba di Candi Borobudur pukul 5.30 WIB. Mr. Lim begitu antusias mendengarkan penjelasan dari staf Balai Konservasi Borobudur mengenai sejarah Candi Borobudur. Beliau terkesan dengan Relief Lalitavistara yang berada di lorong 1, yang terdiri 120 panel relief biografi Buddha. Selain itu beliau juga antusias mendengarkan cerita puluhan relief Gandawyuha di Candi Borobudur.

Kunjungan Mr. Lim ke Candi Borobudur ini merupakan pertamakalinya. Beliau mengaku sangat kagum terhadap Candi Borobudur. Menurutnya, penyusunan relief-relief Candi Borobudur sangat canggih dan berkesan, juga disesuaikan dengan kehidupan Buddha sehingga sangat bagus untuk dipelajari. Mr. Lim juga berpendapat, jika seandainya seniman patung datang ke Candi Borobudur pasti akan sangat terkejut dan takjub melihat mahakarya candi ini. Mr. Lim juga menambahkan bahwa sebelumnya dirinya sama sekali tidak mengetahui banyak tentang Indonesia, namun setelah kunjungan ini dirinya ingin mempelajari lebih dalam lagi mengenai sejarah dan kebudayaan Indonesia. “Orang Indonesia harus bangga dengan kebudayaan yang ada, memiliki Candi Borobudur yang sangat megah ini”, kata Mr. Lim.

Dalam kesempatan ini, pengelola Taman Wisata Candi Borobudur berkesempatan memberikan souvenir buku tentang Candi Borobudur. Semoga kunjungan Menteri Keuangan & Perpajakan Korea Selatan ini dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan pariwisata Indonesia. (Ruri-Borobudur)


Kategori Berita