Kegiatan dalam rangka 200 Tahun Penemuan Candi Borobudur

Beragam kegiatan akan digelar untuk memeriahkan peringatan 200 Tahun ditemukannya Candi Borobudur. Kegiatan tersebut akan digelar mulai akhir Agustus ini hingga pertengahan Desember 2014 mendatang.

Demikian dikatakan Achmad Muchlis, Sekretaria PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (PT TWCBPRB), kepada wartawan di Borobudur Magelang, Rabu (13/8).

Kegiatan pertama dimulai dengan seminar "Membangun Ketahanan Budaya dan Pariwisata dalam Memperkokoh Ketahanan Nasional" di Grand Artos Aerowisata Hotel and Convention, 22 Agustus mendatang. Tanggal 23 Agustus 2014 malam ditampilkan pagelaran sendratari "The Legend of Mahakarya Borobudur when History Comes to Life" di lahan Aksobya Taman Wisata Candi Borobudur. Ada 250 penari tradisional Jawa akan tampil dalam pagelaran ini.

Selain itu juga akan dilaksanakan "Gempita Borobudur" (19-21 September 2014), Borobudur International Art Festival, Borobudur International Music Festival dan Borobudur Costplay Battle Competition, serta fun bike (pertengahan Oktober 2014). 

Di Bulan November 2014 rencananya akan dilaksanakan Borobudur Writer, pameran perangko dan filately, pembuatan mozaik Borobudur dengan perangko maupun lainnya. Puncak acara peringatan 200 Tahun ditemukannya Candi Borobudur juga akan diselenggarakan pemecahan rekor "The Most played Jazz and Broadway Repertoir Song for 300 Repertoire Songs" oleh Harry Wisnu, serta peluncuran perangko dan buku 200 Tahun Borobudur dan pesta rakyat. Di awal Bulan Desember rencananya juga akan dilaksanakan kampanye pelestarian Borobudur, dan di akhir Desember rencananya juga akan digelar Borobudur Jazz.

Sumber: KR Online 14 Agustus 2014


Kategori Berita