Festival Gerobak Sapi Nusantara Akan Hadir Di Candi Prambanan

Festival Gerobak Sapi road to 2017 di gelar di Lapangan Kinara Kinari PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko, Minggu (27/11/2016).

Festival Gerobak Sapi road to 2017 ini merupakan uji coba konsep baru Festival Gerobak Sapi yang akan di terapkan pada Festival Gerobak Sapi ke-5 pada Juli 2017 mendatang.

Acara ini di gelar oleh Paguyuban Gerobak Sapi yang berkerjasama dengan PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko dan di dukung oleh Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta.

Fetival Gerobak Sapi ini mengubah konsep penyelenggaraan dengan menggandeng sekitar 15 perupa Yogya yang tergabung dalam sanggar Sejati yang selama kurang dari 1 bulan menggarap gerobak sapi untuk dimodifikasi.

Dari 17 gerobak yang di tampilkan, 12 gerobak hasil karya dari seniman, dan 5 gerobak yang di modifikasi oleh pemilik gerobak sendiri.

Selain itu, Festival Gerobak Sapi juga menggandeng paguyuban seni yang bermarkas di dusun Sono, Wedomartani untuk menampilkan tarian yang mengisahkan kehidupan petani, dan juga menggandeng siswa-siswa SD Model Sleman yang menunjukkan kebolehannya dalam menarikan tarian dolanan bocah yangg berbasis tradisi.

Dalam sambutan singkatnya Wakil Bupati Sleman Dra. Hj. Sri muslimatun, M.Kes “memberikan apresiasi yang luar biasa kepada penyelenggara, mengucapakan terima kasih kepada Taman Wisata Candi dan Dinas Pariwisata DIY atas terselenggaranya event ini.

“Mudah-mudahan festival gerobak ini bisa mengangkat pariwisata di Sleman dan sekitarnya, berharap festival tidak sampai disini terus berinovasi dan modifikasi untuk mendorong dan mengembangkan pariwisata, salah satu daya tarik pariwisata, bahwa gerobak itu hanya ada di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selain itu ketua penyelenggara Bowo mengatakan “bahwa Road to Festival Gerobak Sapi dilaksanakan dengan dasar arahan dari Gubernur DIY Ngarso Dalem Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Pada saat dialog dengan para bajingan saat festival gerobak sapi ke-4 di Bantul, Sri Sultan memberikan saran hendaknya pada event yang kelima yang akan diselenggarakan pada bulan Juli 2017 dan direncanakan pula di seputaran Candi Prambanan.

Gerobak sapinya di desain semenarik mungkin dengan melibatkan para perupa Yogya dan dipadukan performance art, tujuan akhirnya adalah event ini lebih atraktif dan lebih banyak menyedot penonton atau wisatàwan baik dari dalam dan luar negeri.

Di harapkan pula event ini menjadi andalan pariwisata DIY, dalam arti, kalau ada yang ingin melihat gerobak sapi ya hanya ada di DIY. Prambanan, 27 November 2016.


Kategori Berita