3000 Umat Buddha Rayakan Waisak Di Candi Sewu

Sekitar 3000 umat Buddha di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merayakan Waisak 2560 BE/2016 di pelataran Candi Sewu, Taman Wisata Candi Prambanan, Minggu (22/05/2016) dini hari.

Perayaan Waisak yang diselenggarakan Keluarga Buddhayana Indonesia kali ini mengambil tema “Transformasi Mental dengan Damai dan Harmoni”. Detik-detik Waisak jatuh pada sabtu, 22 Mei 2016 pukul 04.14.06 WIB.

Rangkaian perayaan Hari Raya Waisak diawali Sabtu, (21/05/2016) pagi hari dengan pengambilan air suci dari 7 (tujuh) mata air, Umbul Jumprit, Umbul Pikatan, Umbul Senjoyo, Candi Umbul, Umbul Jalatundo, Umbul Pengging dan Sendang Pitutur, serta pengambilan Api Alam Mrapen dari Grobogan Purwodadi.

Selanjutnya, Air Suci dan Api Alam dipersembahkan di Altar Utama Candi Sewu, kemudian di lanjut prosesi penyalaan pelita oleh sangha pada waktu menjelang senja.

Kegiatan dilanjutkan dengan lantunan paritta, Setelah itu pada pukul 01.00
dini hari dilanjut acara Pradhaksina Waisak, sebagai bentuk penghormatan, yakni berjalan mengitari candi searah jarum jam sebanyak 3 (tiga) kali yang dipimpin oleh Sangha dan
diikuti seluruh umat.

Setelah itu umat melakukan Puja Bakti dan Meditasi menyambut detik-detik Waisak pukul 04.14.06 WIB, ritual ini bertujuan, memberikan kesempatan pada sangha dan sekalian umat Buddha untuk dapat melaksanakan ritual puja bakti Waisak pada saat purnama siddhi secara khidmat dan khusuk, Ujar" Katman selaku koordinator seksi acara perayaan Waisak di Candi Sewu.

Adapun salah satu pesan Waisak 2560 BE/3016 Sangha Agung Indonesia, Mahathera Nyanasuryanadi adalah proses transformasi diri dan tranformasi sosial menjadi penting dalam upaya melakukan dan menepis tindakan radikal dan perilaku kejam terhadap kemanusiaan.

Mengulurkan tangan menolong orang lain sama mendasarnya dengan kecenderungan alami untuk berkomunikasi, semua orang dilahirkan dengan benih kasih dalam diri, mampu mengendalikan emosi-emosi mereka sendiri dan meneladankan sikap pengasih. Taman Wisata Candi Prambanan, Minggu, 22 Mei 2016.


Kategori Berita