Pembiayaan BNI Syariah Makassar Tumbuh 39,44

Bisnis.com, MAKASSAR – PT BNI Syariah Cabang Makassar berhasil mencatat pertumbuhan pembiayaan sebesar 39,44% atau menjadi Rp411 miliar pada akhir 2014, dibandingkan posisi tahun sebelumnya.

Kepala Cabang BNI Syariah Makassar Anang Heri Anshory mengatakan, penopang utama pembiayaan masih didominasi sektor konsumer sebesar 78,86% dan komersial sebesar 20,14%.

“Di lini konsumer, paling banyak ditopang oleh pembiayaan Griya iB Hasanah sebesar 87,48%,” kata Anang, Kamis (8/1/2015).

Menurutnya, selama 2014 pertumbuhan pembiayaan masih terkendali dengan tingkat rasio pembiayaan bermasalah (non performing financing/NPF) sebesar 2,83%. Sedangkan kesehatan likuiditas ditandai pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar 25,97% atau menjadi Rp554 miliar pada 2014.

Adapun, komposisi DPK didominasi dana-dana murah dengan CASA sebesar 56,79%. Sementara itu, rasio pembiayaan dibandingkan DPK sebesar 74,34%.

Sebelumnya, pihaknya memang optimistis penyaluran pembiayaan bakal bertumbuh pada akhir tahun lalu, dibandingkan posisi yang sama di 2013. Meski menurut data Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan yang dirilis pada Desember 2014 menyebutkan bahwa secara umum kinerja perbankan syariah di Sulsel cenderung melambat, namun hal itu tidak menyurutkan perseroan untuk terus menggenjot kinerja hingga akhir tahun.

"Tahun lalu, pertumbuhan kinerja kami memang sedikit melambat karena pertumbuhan DPK yang berhasil dihimpun juga lambat. Tetapi, kondisi itu terjadi di hampir semua perbankan syariah yang ada, termasuk juga di bank-bank konvensional," kata Anang kepada Bisnis, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, melambatnya pertumbuhan pembiayaan karena pihaknya menerapkan prinsip kehati-hatian dalam menyalurkan kredit.


Kategori Berita Perusahaan Group