Kamis, 24 April 2014

Portal Kementerian BUMN | Direktori BUMN

PT. Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) : “Mengutamakan Pelayanan Jasa Bagi Para Pengguna Jasa Berdasarkan Kepedulian Yang Tinggi Terhadap Masalah Keselamatan dan Mutu” Jasa Klasifikasi dan Statutoria : “Keselamatan dan Kehandalan Dalam Pembangunan Kapal dan Pengoperasiannya Dalam Rangka Melindungi Keselamatan Manusia, Barang dan Pencegahan Pencemaran di Laut” Jasa Konsultansi dan Supervisi : “Menjamin Pemberian Pelayanan Jasa Yang Terbaik Di Bidang Inspeksi, Sertifikasi, Pengujian, Konsultansi, Supervisi, Survey dan Jasa Pendidikan/ Pelatihan Dengan Senantiasa Berorientasi Kepada Mutu, Keselamatan, Perlindungan Lingkungan, Kepuasan Pemakai Jasa Serta Tanggap Terhadap Kebutuhan Pemakai Jasa”

Prestasi

BUMN Pembina Teraktif (Portal PKBL)

Kegiatan

April  2014
Sen Sel Rab Kam Jum Sab Min
   
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30  

Kontak Kami

pic

Jajak

How Is My Site?

View Results

Loading ... Loading ...

Tentang Perusahaan


Tipe Perusahaan

Biro Klasifikasi indonesia merupakan Badan Usaha Milik Negara yang berbentuk Perseroan Terbatas yang didirikan dengan tugas mulia untuk mendukung kemandirian industri perkapalan dan pelayaran nasional melalui pelayaran nasional melalui pelayanan jasa klasifikasi dan jasa-jasa terkait. BKI dalam pelayanan jasanya melakukan riset dan mempublikasikan serta menerapkan standar teknik (Rules & Regulation) dengan melakukan kegiatan desain, kontruksi dan survey maritim terkait dengan fasilitas terapung, termasuk kapal.Standar ini disusun dan dikeluarkan oleh BKI sebagai publikasi teknik. Rules & Regulation yang dikembangkan tidak hanya struktur konstruksi lambung, namun juga meliputi peralatan keselamatan, instalasi permesinan dan kelistrikan.

Lini Bisnis

Lingkup Kerja dari BKI adalah melaksanakan survey dan sertifikasi untuk menjamin bahwa Rules & Regulation yang telah di kembangkan, diterapkan pada saat pembangunan kapal baru dan kapal sudah jadi. Untuk mempertahankan kapal tersebut maka dalam prosesnya kapal diharuskan melakukan perawatan dan perbaikan yang terjadwal, dimana pelaksanaan ini akan dimonitor terus oleh BKI dengan melakukan survey periodik dalam mempertahankan klasifikasinya. Penilaian kondisi kapal dilakukan berdasarkan survey yang profesional dan independen oleh surveyor klasifikasi yang memiliki kompeten dalam melakukan kondisi kapal. Hasil dari pemeriksaan dan penilaian ini berupa penilaian ini berupa laporan dan sertifikasi yang di jadikan acuan oleh pihak -pihak yang berkepentingan, antara lain Pemilik Kapal, Pihak Asuransi, Pemilik Cargo, Pancharter, Galangan Kapal, Pemerintah/ Syahbandar /PSC, dll.

Deskripsi Bisnis

A. Kegiatan Usaha Jasa Klasifikasi dan Statutoria, mencakup :

  1. Pemeriksaan Konstruksi, pengawasan dan pengujian serta penerbitan Sertifikat kelas dan Registrasi kapal;
  2. Pemeriksaan dan pengujian alat-alat apung;
  3. Pengujian dan Sertifikasi material dan komponen;
  4. Pengujian dan penerbitan Sertifikat kualifikasi juru las, inspektor las dan ahli las lainnya;
  5. Melaksanakan pemeriksaan dan sertifikasi di bidang statutoria berdasarkan otorisasi dari Pemerintah Republik Indonesia maupun dari pemerintah negara lain;
  6. Bertindak sebagai agen dan/atau mewakili klasifikasi asing/konsultan asing;
  7. Melaksanakan sertifikasi sesuai standard internasional.

B. Kegiatan Usaha Jasa Konsultansi dan Supervisi, meliputi kegiatan :

  1. Jasa konsultansi dan supervisi di bidang maritim dan industri serta teknik lainnya;
  2. Studi kelayakan, konsultansi dan supervisi di bidang teknologi maritim dan industri lainnya;
  3. Melakukan jasa inspeksi & sertifikasi di bidang migas, minerbapabum, naker dan perhubungan;
  4. Melakukan rekayasa teknik dan supervisi di bidang migas;
  5. Melakukan pengujian DT & NDT;
  6. Melaksanakan konsultansi sesuai standard nasional dan Internasional;
  7. Melaksanakan pelatihan keahlian di bidang teknik; dan
  8. Kegiatan jasa pemborongan konstruksi dan non konstruksi di bidang instalasi fasilitas minyak dan gas, panas bumi dan industri pertambangan pada umumnya.

Dasar Hukum
Didirikan pada tanggal 1 Juli 1964 sesuai dengan keputusan Menteri Perhubungan laut No. Th.1/17/2 tanggal 26 september 1964. Tahun 1977 melalui Peraturan pemerintah No.1 statusnya berubah menjadi Persero. Anggaran dasar dibuat dihadapan Notaris Imas Fatimah,SH dengan Akte No.57 tanggal 19 Oktober 1978 & di sahkan oleh Menteri Kehakiman RI nomor Y.A. 5/345/1978 tanggal 7 November 1978 serta dihukumkan pada Berita Negara No.58 1979 Anggaran data tersebut mengalami perubahan yaitu dengan Akte Notaris Imas Fatimah, SH nomor 180 tanggal tanggal 30 November 1984 dan nomer 110 tanggal 26 Juli 1985 tentang pernyataan Keputusan Rapat & Perubahan Anggaran Dasar dengan merubah nama Klasifikasi Indonesia menjadi PT. (Persero) Biro Klasifikasi Indonesia Perubahan ini disahkan oleh Menteri Kehakiman RI No. C.2-5322HT.0104 tahun 1985 tanggal 24 Agustus 1985 serta diumumkan dalam nomer 97 tanggal 3 Desember 1985. Dihadapan Notaris Neneng Salmiah,SH Anggaran Dasar PT.(Persero) BKI diubah dengan akta pernyataan Keputusan Rapat tanggal 12 Maret 1995. Terakhir dilakukan perubahan Anggaran Dasar PT.(Persero) BKI yang disahkan oleh Menteri Kehakiman RI dengan Keputusan nomor C2-20.099 HT.01.04 tahun 1998 tanggal 15 Oktober 1998 dibuat oleh Notaris Neneng Salmiah, SH.M.Hum. serta diumumkan dalam berita Negara RI nomor 35 tanggal 30 April 1999.

Komposisi Kepemilikan Saham

Menteri Keuangan RI :100.00%




Kantor Pusat

Alamat :
Jl. Yos Sudarso 38-40 Tanjung Priok,
Jakarta
14320

Phone :62-21-4301017, 4301703, 4300993
email : bki@klasifikasiindonesia.com
Fax : 62-21-43936176, 43901973
Website : www.klasifikasiindonesia.com

Cabang Utama Tanjung Priok

Alamat :
Jl. Yos Sudarso 38-40 Tanjung Priok, Jakarta – 14320, Indonesia

Phone :62-21-43930990
email : bkitp@klasifikasiindonesia.com
Fax : 62-21-4301702
Website : www.klasifikasiindonesia.com

Cabang Utama Surabaya

Alamat :
Jl. Kalianget No. 14 Surabaya – 60165 , Indonesia

Phone :62-31-3295448, 32954
email : bkisb@klasifikasiindonesia.com
Fax : 62-31-3294520, 32054
Website : www.klasifikasiindonesia.com

Cabang Utama Balikpapan

Alamat :
Jl. M.T. Haryono No. 8 Ring Road Balikpapan – 76111 , Indonesia

Phone :62-542-876637, 87664
email : bkibp@klasifikasiindonesia.com
Fax : 62-542-876639, 87664
Website : www.klasifikasiindonesia.com

Cabang Utama Batam

Alamat :
Graha BKI, Jl.Yos Sudarso Kav. 5, Batam 29421, Indonesia

Phone :62-778-433388, 429023, 429024, 451288
email : bkibm@klasifikasiindonesia.com
Fax : 62-778-429020, 429021
Website : www.klasifikasiindonesia.com

Cabang Madya Palembang

Alamat :
Jl. Perintis Kemerdekaan, 5 Ilir Palembang – 30115 , Indonesia

Phone :62-711-713171, 71317
email : bkipb@klasifikasiindonesia.com
Fax : 62-711-713173
Website : www.klasifikasiindonesia.com

Cabang Madya Semarang

Alamat :
Jl.Pamularsih No.12 Semarang – 50148, Indonesia

Phone : 62-24-7610399, 7610744
email : bkism@klasifikasiindonesia.com
Fax : 62-24-7610422
Website : www.klasifikasiindonesia.com

Cabang Madya Belawan

Alamat :
Jl. Veteran No.218 – Belawan Medan – 20411 , Indonesia

Phone :62-61-6941025, 69411
email : bkibn@klasifikasiindonesia.com
Fax : 62-61-6941276
Website : www.klasifikasiindonesia.com


Cabang Madya Banjarmasin

Alamat :
Jl. Skip Lama No. 19 Banjarmasin – 70117 , Indonesia

Phone :62-511-50175, 58311,
email : bkibj@klasifikasiindonesia.com
Fax : 62-511-50175
Website : www.klasifikasiindonesia.com


Cabang Ambon

Alamat :
Jl. Raya Pelabuhan, Komplek Pelabuhan Ambon – 97126 , Indonesia

Phone :62-911-349607, 35274
email : bkiab@klasifikasiindonesia.com
Fax : 62-911-361105,352745
Website : www.klasifikasiindonesia.com

Cabang Bitung

Alamat :
Jl. Babe Palar No. 53, Madidir Unet Bitung – 95516 , Indonesia

Phone :62-438-38720, 38721,
email : bkibt@klasifikasiindonesia.com
Fax : 62-438-434346
Website : www.klasifikasiindonesia.com

Cabang Padang

Alamat :
Perkantoran Grand Sudirman Block C-7
Jl.Jend. Sudirman, Pekanbaru
Phone : 62-761-7894220, 7891240
email : bkipd@klasifikasiindonesia.com
Fax : 62-761-7894220
Website : www.klasifikasiindonesia.com

Jl. St. Syahrir No. 208 Padang – 25216 , Indonesia
Phone :62-751-61553, 765436
email : bkipd@klasifikasiindonesia.com
Fax : 62-751-61553
Website : www.klasifikasiindonesia.com

Cabang Makassar

Alamat :
Jl. Sungai Cerekang No. 28 Makassar – 90115 , Indonesia

Phone :62-411-311993, 31546
email : bkims@klasifikasiindonesia.com
Fax : 62-411-315460
Website : www.klasifikasiindonesia.com


Cabang Cirebon

Alamat :
Jl. Tuparev KM.3 Cirebon – 45153 , Indonesia

Phone :62-231-205266
email : bkicn@klasifikasiindonesia.com
Fax : 62-231-205266
Website : www.klasifikasiindonesia.com

Cabang Dumai

Alamat :
Jl. Sungai Rokan No. 96 Dumai – 28814 , Indonesia

Phone :62-765-32574, 35100
email : bkidm@klasifikasiindonesia.com
Fax : 62-765-31364
Website : www.klasifikasiindonesia.com

Cabang Pontianak

Alamat :
Jl. Gusti Hamzah No. 211 Pontianak – 78116 , Indonesia

Phone :62-561-739579, 74310
email : bkipk@klasifikasiindonesia.com
Fax : 62-561-739579, 74310
Website : www.klasifikasiindonesia.com


Cabang Sorong

Alamat :
Jl. Jenderal Sudirman No. 140 Sorong – 98414 , Indonesia

Phone :62-951-322600
email : bkisr@klasifikasiindonesia.com
Fax : 62-951-323870
Website : www.klasifikasiindonesia.com

Cabang Cigading

Alamat :
Jl. Gerem Raya No.1, Km 5. Pulo Merak Cilegon – 42438 , Indonesia

Phone :62-254-573955, 57100
email : bkicg@klasifikasiindonesia.com
Fax : 62-254-571007
Website : www.klasifikasiindonesia.com

Cabang PekanBaru

Alamat :
Komp. Perkantoran Sudirman Raya Blok D-4 Pekanbaru – 28111 , Indonesia

Phone :62-761-854042
email : bkipu@klasifikasiindonesia.com
Fax : 62-761-854042
Website : www.klasifikasiindonesia.com


Cabang Singapore

Alamat :
150 Cangi Road #02-01A, Guthrie Building, Singapore – 419973 , Singapore

Phone :65-68830651, 68830643, 68830634
email : bki_sb@pacific.net.sg / bkisp@klasifikasiindonesia.com
Fax : 65-63393631
Website : www.klasifikasiindonesia.com

Perwakilan Kendari

Alamat :
Jl. Malik III No.2, Mandonga-Kendari 93111, Indonesia

Phone :62-401-326446
email : bkikd@klasifikasiindonesia.com
Fax : 62-401-322847
Website : www.klasifikasiindonesia.com

Perwakilan Jambi

Alamat :
Jl. Raden Bahrun No.E 11 Rt.11/Rw.04 Kelurahan Sungai Putri,
Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi , Indonesia

Phone :62-741-671107
email : bkijb@klasifikasiindonesia.com
Fax : 62-741-671108
Website : www.klasifikasiindonesia.com


Unit Konsultansi & Supervisi

Alamat :
Jl.Yos Sudarso 38 -40 Tanjung Priok, Jakarta – 14320, Indonesia

Phone :61-21-4301017
email : bkiks@klasifikasiindonesia.com
Fax : 61-21-43936175
Website : www.klasifikasiindonesia.com

Strategi Pencapaian Sasaran


A. STRATEGI KORPORASI

Dalam jangka panjang arah pengembangan korporasi dikelompokkan dalam 3 (tiga) strategi pengembangan perusahaan atauA3 Corporate>s Strategies@ yang terstruktur, terprogram dan terpadu, meliputi :

    1. Melakukan upaya korporasi dengan mensejajarkan layanan setara dengan klasifikasi asing anggota IACS.
    2. Melakukan upaya korporasi untuk memperoleh pengakuan dan citra / reputasi dari semua pemangku kepentingan (stakeholder=s value) sedemikian rupa para stakeholder memerlukan jasa BKI adalah karena kebutuhan, bukan keharusan.
    3. Melakukan upaya korporasi untuk memperbesar / memperkuat segmen Konsultansi & Supervisi dan menciptakan kemandirian, baik dari sisi operasional, SDM maupun finansial.

Strategi pengembangan korporasi tersebut memerlukan konsekwensi, yaitu :

    1. Perlunya penyesuaian struktur organisasi dan sistem organisasi yang mendukung terciptanya layanan yang prima dan pengembangan perusahaan, baik di segmen klasifikasi & statutoria maupun segmen konsultansi & supervisi.
    2. Perlunya intensifikasi budaya perusahaan sehingga terciptanya SDM yang profesional, inovatif, memiliki integritas dan mempunyai komitmen yang kuat untuk bersaing global.
    3. Perlunya dana investasi dan biaya pengembangan yang cukup besar, terutama dalam membiayai program kerja untuk mensejajarkan reputasi BKI dengan badan klasifikasi asing anggota IACS dan investasi peralatan pengujian / laboratorium dan sarana produksi lainnya.

B. STRATEGI USAHA KLASIFIKASI

    1. Memberikan penugasan yang terukur dan terarah terhadap setiap fungsi organisasi yang diwujudkan dalam kontrak manajemen serta sebagai alat ukur penilaian kinerja dalam pemberian reward & punishment.
    2. Melakukan benchmarking kualitas dan layanan badan klasifikasi asing IACS serta melakukan upaya penyetaraan kualitas dan layanan BKI.
    3. Mengoptimalkan pemanfaatan Teknologi Informasi sebagai penunjang kegiatan operasional sekaligus penyebaran informasi layanan kepada stakeholder terkait.
    4. Memperkuat jumlah dan kemampuan Technical Staff di Kantor Pusat sebagai Think-Tank pengembangan jasa klasifikasi mensejajarkan dengan klasifikasi asing anggota IACS.
    5. Mengirimkan para Technical Staff dan Surveyor ke badan klasifikasi asing IACS dan IMO untuk belajar sistem operasional dan pelaksanaan survey di lapangan serta peraturan keselamatan.
    6. Melakukan kerjasama dengan BPPT dan Perguruan Tinggi untuk melakukan riset bersama dalam menyusun dan mengembangkan Rules & Regulation secara mandiri.

 

C. STRATEGI USAHA STATUTORIA

    1. Memberikan penugasan yang terukur dan terarah terhadap setiap fungsi organisasi yang diwujudkan dalam kontrak manajemen serta sebagai alat ukur penilaian kinerja dalam pemberian reward & punishment.
    2. Dalam memperoleh pelimpahan statutoria, tidak langsung meminta Pemerintah tetapi menggunakan stakeholder lain (INSA, Gapasdap, Meneg BUMN, Asuransi, Galangan dsb) untuk mendorong diberikannya statutoria. Untuk itu program kerja diarahkan membentuk image kesiapan dan kemampuan BKI di bidang statutoria, antara lain menginformasikan persyaratan statutoria dari IMO secara up to date, merespon kapal kelas BKI yang terkena detensi / defisiensi PSC, memberikan edukasi tentang persyaratan statutoria dsb.
    3. Dalam mengajukan pelimpahan statutoria secara penuh, dilakukan secara bertahap yaitu kapal kelas BKI dengan tonase > 2000 GT terlebih dahulu (bukan > 500 GT). Strategi ini dilakukan untuk menunjukkan terlebih dahulu kelebihan layanan BKI dan mempertimbangkan kalau diberi penugasan sekaligus semuanya akan berpengaruh terhadap kesiapan BKI yang dapat mengakibatkan timbulnya komplain.
    4. Melakukan Harmonizes Survey System (HSS) dan optimalisasi pelayanan atap (one stop service) terhadap pelaksanaan survey klasifikasi dan statutoria.
    5. Memperkuat Technical Staff di bidang Statutoria yang memahami produk-produk peraturan IMO yang selanjutnya melakukan edukasi secara internal kepada surveyor di lapangan sekaligus sosialisasi persyaratan statutoria kepada stakeholder terkait.

D. STRATEGI USAHA KONSULTANSI & SUPERVISI

    1. Memberikan penugasan yang terukur dan terarah terhadap setiap fungsi organisasi yang diwujudkan dalam kontrak manajemen serta sebagai alat ukur penilaian kinerja dalam pemberian reward & punishment.
    2. Dalam memenangkan persaingan dan kontinuitas permintaan jasa, adanya nilai tambah yang diperoleh customer terhadap layanan BKI, antara lain kecepatan layanan inspeksi, kecepatan penerbitan pelaporan dan sertifikasi, informasi status inspeksi terhadap equipment yang diinspeksi BKI melalui website BKI dan sebagainya. Selain itu diterapkan harga yang kompetitif dengan penekanan efektivitas penggunaan sumber daya dan efisiensi biaya;
    3. Mengingat bisnis Konsultansi & Supervisi memiliki kecenderungan biaya tinggi dan profit margin rendah, maka diterapkan strategi pengendalian penggunaan biaya melalui Cost Control System yang terpadu per proyek / pekerjaan.
    4. Mengoptimalkan pemanfaatan Teknologi Informasi sebagai penunjang operasional sekaligus penyebaran informasi layanan kepada stakeholder terkait.
    5. Melakukan mapping bisnis per unit produksi untuk menentukan potensi pasar, kebutuhan tenaga inspektor, kompetensi yang diperlukan serta peralatan pengujian yang diperlukan, sehingga masing masing area / unit produksi mampu melakukan pemasaran secara efektif.
    6. Memperkuat jumlah dan kemampuan Inspektor / Operator sesuai kebutuhan pasar
    7. Dalam melakukan diversifkasi usaha pada segmen yang belum dikuasai secara teknis namun pasarnya cukup berpotensi, dilakukan strategi kerjasama bisnis dengan partner strategis yang mempunyai reputasi, kemampuan teknologi dan berkualitas global;
    8. Menerapkan sistem pemasaran yang offensif dan promotif serta dengan memanfaatkan sarana sistem teknologi informasi;
    9. Menerapkan standar SNI 19-17020 sebagai perusahaan jasa inspeksi teknik dan standar SNI 19-17025 untuk kegiatan pengujian di Laboratorium BKI.

E. STRATEGI BIDANG PENGEMBANGAN SDM

    1. Mengoptimalkan sumber daya perseroan, dengan menitik beratkan pada kualitas sumber daya manusia, baik manajerial maupun operasional yang mengarah ke spesialis tidak generalis;
    2. Dalam meningkatkan reputasi perusahaan dan mengingat alat produksi utama perusahaan adalah SDM yang memiliki kompetensi, maka strategi perusahaan adalah membentuk Training Center BKI yang mampu memfasilitasi peningkatan kompetensi SDM.
    3. Melakukan benchmarking prosedur training surveyor dan technical staff pada badan klasifikasi asing anggota IACS serta melakukan upaya penyetaraan program training BKI.
    4. Memperkuat jumlah dan kemampuan Technical Staff di Kantor Pusat sebagai Think-Tank pengembangan jasa klasifikasi mensejajarkan dengan klasifikasi asing anggota IACS.
    5. Meningkatkan baik jumlah maupun kompetensi inspektor

F. STRATEGI BIDANG ORGANISASI, MANAJEMEN & KEUANGAN

    1. Memberikan penugasan yang terukur dan terarah terhadap setiap fungsi organisasi yang diwujudkan dalam kontrak manajemen serta sebagai alat ukur penilaian kinerja dalam pemberian reward & punishment.
    2. Melakukan penyempurnaan struktur organisasi dengan mengoptimalkan fungsi dan penyesuaian organisasi sesuai kebutuhan.
    3. Menerapkan budaya penggunaan teknologi informasi pada seluruh lapisan manajemen dan mengoptimalkan pemanfaatan Teknologi Informasi sebagai penunjang kegiatan operasional sekaligus penyebaran informasi layanan kepada stakeholder terkait.

Tujuan

  1. Mengutamakan terjaminnya keselamatan jiwa, kapal dan benda di laut serta perlindungan lingkungan melalui pengembangan dan pemeriksaan standar kapal serta fasilitas terkait lainnya;
  2. Membentuk citra perusahaan (corporate image), bahwa jasa BKI dibutuhkan dan menjadi standar dan acuan kualitas;
  3. Memberikan kesempatan kepada para tenaga ahli kelautan nasional untuk berpartisipasi melalui pengembangan ilmu dan pengetahuan serta pengalamannya;
  4. Melaksanakan pengelolaan perusahaan secara efektif dan efisien dengan menerapkan “”Good Corporate Governance”".

Visi


Menjadikan BKI perusahaan yang profesional dan mampu berkompetisi di pasar regional (asia tenggara) serta diakui secara nasional maupun internasional.

Misi

Segmen Klasifikasi

Mengembangkan dan mengimplementasikan profesionalisme pelayanan jasa klasifikasi dan statutoria ke tingkat standar internasional dalam rangka turut menjamin keselamatan jiwa, kapal, asset dan lingkungan laut untuk mewujudkan safer ships and cleaner ocean

Segmen Konsultansi & Supervisi

Mengembangkan dan mengimplementasikan profesionalisme dalam kegiatan konsultansi & supervisi yang diakui dan memiliki keunggulan bersaing, baik nasional maupun internasional.

Struktur Organisasi Kantor Pusat PT. (PERSERO) BKI