Sabtu, 19 April 2014

Portal Kementerian BUMN | Direktori BUMN

Untuk informasi seputar vaksin dan imunisasi dapat diakses di Facebook : Info Imunisasi; Twitter : @infoimunisasi dan www.infoimunisasi.com

Prestasi

Bio Farma Raih Penghargaan Hak Kekayaan Intelektual

Kegiatan

April  2014
Sen Sel Rab Kam Jum Sab Min
   
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30  

Kontak Kami

pic

Jajak

Apakah Anda mengetahui informasi mengenai vaksin pentavalent?

View Results

Loading ... Loading ...

Tetap Berfikir Green Ditengah Pengaruh Krisis Eropa dan AS

13 Desember 2011

Biofarma kembali memperoleh peringkat hijau yang ketiga kalinya dari Kementerian Lingkungan Hidup. Yang menjadi menarik dari Bio Farma, divisi CSR dan lingkungan berada di dalam komando Direktur Keuangan. Tentu ini menjadi pertanyaan tersendiri terkait pememilahan kebijakan investasi kapital dan program sosial.

Meski demikian, Direktur Keuangan Bio Farma Mohammad Sofie A. Hasan yakin bahwa berkontribusi terhadap lingkungan baik langsung maupun tidak langsung akan memberikan imbal hasil positif bagi kinerja perusahaan. Hal ini disampaikan juga oleh Wakil Presiden Boediono, dalam penganugerahan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (Proper) Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) pada Rabu (30/11) di Jakarta, bahwa kontribusi terhadap lingkungan tidak bisa diterjemahkan dari segi profit.

Sebagai perusahaan yang 65% produksinya diekspor, tentu kini Bio Farma terkena imbas dari krisis di Eropa dan Amerika Serikat. Namun, Sofie optimistis persero dapat mencapai target akhir tahun tanpa mengesampingkan lingkungan. Ia menjelaskan hal tersebut kepada Jajang Yanuar Habib, reporter dari Warta Ekonomi. Berikut nukilannya.

Bagaimana Tanggapan anda memperoleh award Proper dari Kementerian Lingkungan Hidup ini?

Kami bangga bisa berpartisipasi, ini merupakan peringkat hijau yang ketiga.

Kebijakan dan program apa yang membuat Bio Farma dinilai menjalankan bisnis ramah lingkungan?

Kita di manajemen sama-sama terus menerapkan bisnis yang ramah lingkungan, kita buktikan di tahun depan bisa memperoleh predikat emas.

Program yang kami lakukan sama seperti yang sudah dicanangkan Kementerian Lingkungan Hidup, reduce, reuse, dan recycle, dan bahkan sampai dengan pengelolaan energi kita perhatikan. Kemudian penggunaan jenis teknologi juga sangat berpengaruh, dan kita memiliki standar secara internasional.

Program lingkungan juga erat kaitannya dengan CSR, terutama dalam bentuk penyalurannya supaya bisa berkelanjutan.

Nilai investasi untuk kegiatan ramah lingkungan itu apa saja?

Kita bergantung pada kebutuhan, seperti konservasi lingkungan sekitar Bio Farma. Mengenai nilainya untuk dihitung terkadang agak susah, saya tidak hafal. Tetapi, dampaknya yang terasa oleh lingkungan sekitar Bio Farma di Bandung jelas.

Target penjualan tahun depan berapa?

Lha, ini belum selesai tutup tahun, tetapi kurang lebih sama seperti tahun lalu. Tahun lalu kita meraih Rp1,3 triliun. Tahun ini kita optimistis minimal Rp1,4 triliun. Tapi ini belum selesai ya, tinggal 1 bulan lagi.

Bagaimana krisis Eropa dan AS berpengaruh terhadap Bio Farma?

Karena kita ini 65% ekspor, jadi pengaruh pada fluktuasi nilai kurs.

Bagaimana pengaruh terhadap revenue selama ini?

Saat ini tidak, karena volumenya meningkat. Walaupun, ada penurunan di proyeksi kita dikisaran 5% sampai 8% akibat konversi asing ke rupiah.

Bagaimana pengaruh terhadap penyerapan produk ekspor Bio Farma sendiri?

Tidak ada, malah volumenya meningkat. Tetapi pada nilai ekuivalen rupiahnya, peningkatannya tidak sebesar nilai volumenya.

Jajang (jajang@wartaekonomi.com)

link : http://wartaekonomi.co.id/berita-215110711-tetap-berfikir-green-ditengah-pengaruh-krisis-eropa-dan-as.html



Kirim Komentar

Baca Komentar ( 0 )

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

: *


*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>