Jumat, 25 April 2014

Portal Kementerian BUMN | Direktori BUMN

Untuk informasi seputar vaksin dan imunisasi dapat diakses di Facebook : Info Imunisasi; Twitter : @infoimunisasi dan www.infoimunisasi.com

Prestasi

Bio Farma Raih Penghargaan Hak Kekayaan Intelektual

Kegiatan

April  2014
Sen Sel Rab Kam Jum Sab Min
   
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30  

Kontak Kami

pic

Jajak

Apakah Anda mengetahui informasi mengenai vaksin pentavalent?

View Results

Loading ... Loading ...

Tindakan Yang Harus Dilakukan Ibu Bila Imunisasi DPT Tidak Sesuai Jadwalnya

19 Maret 2013

Yang harus dilakukan ibu bila imunisasi DPT tidak sesuai jadwalnya termasuk perbincangan menarik di kalangan para ibu. Meski imunisasi dasar bagi bayi sebanyak 5 jenis imunisasi, tapi semuanya dilakukan menurut jadwal yang ditentukan oleh para pakar kesehatan. Tentu saja para ibu harus mengetahui secara lengkap jadwalnya. Jika dilakukan tidak sesuai jadwal, hendaknya melakukan konsultasi dengan bidan ataupun ahli kesehatan lainnya di tempat pemberian imunisasi.
Jadwal Imunisasi Pada Bayi
Imunisasi dasar yang biasanya disarankan oleh para pakar kesehatan diantaranya yaitu DPT, BCG, Hepatitis B, Polio dan campak. Masing-masing memiliki jadwal yang berdasar aturan yang telah ditetapkan oleh para pakar kesehatan tersebut. Adapun jadwal imunisasi yang harus diberikan pada bayi sebaiknya diketahui oleh orang tuanya. Ketika para orang tua terutama ibu mengetahui jadwal imunisasi dasar untuk bayinya, maka mereka juga akan mengetahui tindakan yang harus dilakukan ibu bila imunisasi dasar tersebut tidak sesuai jadwalnya.
Adanya jadwal imunisasi pada bayi ini menurut para pakar kesehatan berfungsi untuk mendapatkan kekebalan tambahan bagi tubuhnya secara tepat. Kekebalan tubuh pada bayi sudah dimilikinya sejak lahir dengan adanya pemberian ASI dari Ibu. Kandungan zat di dalam ASI sudah memenuhi kebutuhan bayi dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya. Seorang ibu juga harus menjaga asupan gizinya karena memberikan pengaruh pada ASI untuk bayinya. Jadwal imunisasi pada bayi juga menjadi hal penting untuk diketahui dan dipahami untuk selanjutnya disesuaikan dengan informasi lain dan kondisi bayinya. Hendaknya konsultasi rutin pun juga harus tetap dilakukan sebaik-baiknya.
Berikut ini jadwal pemberian imunisasi dasar pada bayi, diantaranya sebagai berikut:
1. Imunisasi BCG (Bacillus Calmette-Guerin). Imunisasi BCG diberikan 1 kali dan waktu pemberian biasanya setelah bayi lahir. Adapula mulai bayi usia 1 bulan.
2. Imunisasi Hepatitis B uniject. Imunisasi Hepatitis B diberikan 1 kali dan waktu pemberian biasanya sejak bayi lahir sampai kurang dari 7 hari.
3. Imunisasi DPT-HB. Imunisasi DPT-HB diberikan 3 kali, diantaranya ialah imunisasi DPT-HB1 diberikan ketika bayi usia 2 bulan. Pemberian imunisasi selanjutnya berselang 4 minggu termasuk di dalamnya imunisasi DPT-HB2 dan imunisasi DPT-HB3.
4. Imunisasi Polio. Imunisasi Polio diberikan 4 kali dan pada bayi usia 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan serta 4 bulan.
5. Imunisasi Campak. Imunisasi campak diberikan 1 kali dan pada bayi usia 9 bulan

Penyebab Kegagalan Imunisasi DPT

Imunisasi merupakan tindakan memasukkan suatu zat yang bersifat antigen ke dalam tubuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit. Zat yang digunakan sebagai antigen tersebut berasal dari virus atau bakteri yang sudah dilemahkan yang merupakan penyebab dari sebuah penyakit. Virus dan bakteri ini sengaja diinjeksikan ke dalam tubuh manusia dengan tujuan untuk merangsang reaksi tubuh dengan membuat antibodi untuk melawan virus atau bakteri yang dimasukkan. Sehingga, apabila suatu saat orang yang telah diinjeksikan antigen atau yang lebih dikenal dengan sebutan diimunisasi, kemudian terkena serangan virus atau bakteri tersebut yang masih aktif, maka tubuh orang tersebut telah memproduksi antibodi yang cukup untuk melawan serangan tersebut, sehingga penyakit yang ditimbulkan oleh virus atau bakteri tersebut dapat dicegah.

Difteri, Tetanus Dan Pertusis (DPT)

Penyakit Difteri, Tetanus dan Pertusis merupakan penyakit yang menyerang anak-anak pada usia 1 hingga 10 tahun yang diawali dari sebab kecil yang kadang diabaikan oleh orang tua. Penyakit ini dapat menimbulkan kerusakan organ fatal seperti jantung, ginjal, tulang belakang hingga kematian bila tidak segera ditangani. Oleh sebab itu, penting dilakukannya imunisasi untuk mencegah penyakit tersebut.

Imunisasi Difteri, Tetanus dan Pertusis atau yang lebih dikenal dengan nama imunisasi DPT merupakan salah satu dari imunisasi dasar yaitu yang dilakukan pertama kali sewaktu anak berumur lebih dari 6 minggu setelah lahir. Semasa kurang dari 1 tahun, imunisasi DPT dilakukan selama 3 kali dalam interval 1 bulan. Imunisasi DPT merupakan vaksin gabungan atau yang dikenal sebagai vaksin combo dari tiga vaksin yaitu untuk penyakit Difteri, penyakit Tetanus dan penyakit Pertusis.

Sumber: http://zona-prasko.blogspot.com/2013/03/pengertian-imunisasi-dan-jenis-imunisasi.html