Perbedaan imunisasi dan vaksinasi

Vaksinasi dan imuniasasi adalah dua kata yang memiliki arti hampir sama meskipun keduanya tidak serupa. Imunisasi merupakan suatu cara yang digunakan untuk meningkatkan kekebalan seorang secara aktif terhadap suatu antigen sehingga bila kelak ia telah tertedah pada antigen yang serupa, tidak terjadi penyakit. Sedangkan vaksinasi merupakan proses pemberian vaksin ke dalam tubuh seseorang untuk memberikan atau meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit tersebut.

 

Tujuan, fungsi imunisasi dan vaksinasi

            Tujuan imunisasi adalah untuk memberikan rangsangan berupa sistem imonologi tubuh guna membentuk antibodi spesifik sehingga dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit.

 

            Tujuan vaksinasi untuk menstimulasi reaksi kekebalan tanpa menimbulkan penyakit. Fungsi imunisasi dan vaksinasi adalah untuk menjaga kesehatan masyarakat agar tidak mudah terserang penyakit. Dan perlu kita ketahui bersama bahwasanya imunisasi dan vaksinasi juga dapat menurunkan angka kejadian penyakit, kecacatan maupun kematian akibat infeksi dari penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi dan vaksinasi. Selain itu, imunisasi dan vaksinasi juga tidak hanya mampu memberikan perlindungan pada individu melainkan pada komunitas terutama penyakit yang ditularkan melalui manusia.

 

Sumber : joglosemar.com


Kategori ANTISERA