BGR Berikan Bimbingan Teknis Calon Pengelola Gudang Sistem Resi Gudang

PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penyedia jasa logistik, memberikan bimbingan teknis kepada para calon pengelola gudang  Sistem Resi Gudang (SRG) dari berbagai wilayah di Indonesia yang diselenggarakan oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) di Jakarta, Selasa (7/8).

 

 Bimbingan teknis yang diberikan oleh BGR tersebut diberikan selama dua haru sejak Selasa-Rabu (7-8/8) dengan pembicara hari pertama GM Operasional BGR, Andy Pratama, dan dilanjutkan oleh Pelaksana Bidang Operasional BGR Kantor Pusat, Rivki Steovani pada hari kedua.

 

Materi yang diberikan dalam acara tersebut diantaranya adalah peran pengelola gudang dalam SRG, serta pedoman operasional baku pengelolaan SRG.

 

Terkait peran pengelola gudang dalam SRG, dibagi menjadi dua, yakni peran pengelola gudang secara umum dan peran BGR. Dalam SRG sendiri, BGR sebagai BUMN penyedia jasa logistik, mempunyai tiga peran utama yakni sebagai penguji kelayakan gudang, pembina calon pengelola gudang, dan sebagai pengelola gudang.

 

Sedangkan untuk peran pengelola gudang dalam SRG yakni terdapat lima peran. Pertama sebagai penyedia dan atau pengelola gudang  yang memenuhi standar SNI gudang komoditi pertanian, penjaga dan perawat barang selama penyimpanan, penyedia dan pelaksana proses penerbitan resi gudang, penerbitan dan penyerahan resi gudang ke pemilik barang. Peran terakhir yakni ikut menunjang program pemerintah di bidang ketahanan pangan, kelancaran distribusi, dan perdagangan.


Kategori Berita
Sub Kategori Kegiatan,Publikasi