BGR Cabang Bangka Belitung Ekspor Hasil Laut Beku ke Melbourne

Pangkalpinang – Sejak November 2016, PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) melakukan ekspor hasil laut dari Pangkalpinang ke Melbourne, Australia. Hasil laut yang diekspor tersebut berupa cumi dan lobster dengan metode Door to Port Service sejumlah 11 ton tiap bulan dengan nilai barang sebesar AUD $ 120.000

 

Manager BGR Cabang Bangka Belitung , Harry Elfitra, menjelaskan bahwa jumlah tersebut dikirim menggunakan saru kontainer berupa container refer dengan ukuran 20”.

 

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa ekspor hasil laut beku tersebut sebelumnya tidak pernah dilakukan dari Bangka. “Selama ini nelayan mengirim hasil bekunya ke jakarta dengan mobil box dan disimpan di cold storage di Jakarta baru selanjutnya di ekspor dari Jakarta. Tentunya ini biayanya mahal,” ungkapnya.

 

Dengan adanya kegiatan tersebut, Manager Harry juga mengungkapkan bahwa BGR adalah perusahaan pertama yang melakukan ekspor hasil laut beku dari Bangka. Hal ini tentunya menjadi solusi terhadap biaya dan keamanan barang yang tidak lagi di bongkat-muat di Jakarta.

 

Terkait proses pengiriman, Manager Harry, menjelaskan bahwa proses dimulai dari booking kontainer di Jakarta dan seterusnya kontainer dibawa ke Bangka. Setelah itu dilakukan stuffing di Bangka. Selanjutnya dari bangka akan menggunakan kapal lokal menuju Sunda Kelapa dan diteruskan ke Tanjung Priuk melalui darat.

 

Saat di  Tanjung Priuk, kontainer akan di tempatkan di CY khusus reffer biasanya di JICT sambil menunggu kapal menuju Melbourne. Kapal tersebut kadang ada yang lansung, namun kebanyakan transit di Singapura atau Malaysia.

 

Sebagai penutup, Manager Harry, mengungkapkan bahwa tantangan dan kendala yang dihadapi sekarang adalah proses dalam memperoleh kontainer reffer di jakarta, mulai dari harga yang fluktuatif dan tidak adanya fedder resmi ke Bangka. Sehingga kontainer dibawa sendiri ke Bangka dari jakarta (freeuse). “Kami hanya diberi waktu freeuse paling lama 14 hari,” tutupnya.

 


Kategori Berita