Sosialisasi PER-01/MBU/01/2018 dan e-LHKPN

Oleh Kementerian BUMN 24 Januari 2018 15:05:15 WIB Di Lihat : 9

Sosialisasi Peraturan Menteri BUMN Nomor: PER-01/MBU/01/2018 dan Sharing e-LHKPN



Jakarta, Rabu 24 Januari 2018 - Kementerian Badan Usaha Milik Negara menyelenggarakan Sosialisasi dan Sharing kepada seluruh pegawai Kementerian BUMN mengenai Peraturan Menteri BUMN Nomor 01/MBU/01/2018 tentang Pelaporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara dan E-LHKPN bertempat di aula lantai 21 Kantor Kementerian BUMN Jl. Medan Merdeka Selatan 13 Jakarta. (24/01)

Sebelumnya, dalam Pasal 2 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 1999 disebutkan bahwa Pelapor yang berkewajiban melapor hanya Pejabat Negara. Melalui Peraturan Menteri BUMN Nomor 01/MBU/01/2018, Kementerian BUMN memelopori  gerakan yang  mewajibkan seluruh pegawai melaporkan harta kekayaan ke ELHKPN tidak terbatas hanya Pejabat Negara.

Acara sosialisasi dibuka oleh Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN Hambra dan turut hadir sebagai narasumber acara Kepala Biro Hukum Kementerian BUMN Bastian, Inspektur Kementerian BUMN Suprianto, serta Tim Leader Pendaftaran LHKPN Harun Hidayat.



Dalam sambutannya, Hambra menghimbau, "Melalui Peraturan Menteri BUMN Nomor 01/MBU/01/2018 ini, harapannya seluruh pegawai harus patuh dan melaporkan kekayaannya sesuai dengan prosedur yang berlaku."

Sesi tanya jawab diisi dengan penjelasan penggunaan sistem e-LHKPN yang memberi kemudahan dalam mengunggah data kekayaan.  Pelapor tidak perlu mengisi form a dan b seperti format lama, cukup mengisi pada kolom-kolom yang tersedia dan setelah melakukan submit pun masih dapat dilakukan koreksi data yang telah diinputkan pada form rincian data. Kabar baiknya, pada tahun depan pelapor tidak perlu mengisi data kekayaan dari awal jika harta tetap dan hanya perlu menambahkan jika ada harta baru.



Batas akhir pengisian data e-LHKPN ini diharapkan dapat dilengkapi sampai dengan  tanggal 31 Maret 2018. Untuk melakukan monitoring dan pengawasan data, unit Inspektorat akan bekerja sama dengan KPK dengan sistem yang telah terintegrasi dengan portal e-LHKPN. Melalui pengisian e-LHKPN ini diharapkan pelaporan harta kekayaan menjadi lebih mudah, murah, manfaat dan akuntabel.

Jadi yuk laporkan harta kekayaan melalui https://elhkpn.kpk.go.id !!

Kategori Berita KBUMN

Dokumentasi BUMN Hadir Untuk Negeri Tahun 2018
Sinergi Wujudkan Pembangunan Negeri Berkelanjutan
4 Tahun Prestasi BUMN
Kinerja BUMN Tahun 2017 Update
Kiprah BUMN Membangun Negeri
Profil BUMN Indonesia Tahun 2017
Renstra 2019

Social Media Bumn