Sinergi Sarinah dan PTPN XII

Oleh Kementerian BUMN 13 Maret 2018 11:04:49 WIB Di Lihat : 72

SIARAN PERS

Nomor: PR-26/S.MBU.3.3/3/2018

Bagian Humas dan Protokol Gedung Kementerian BUMN Lantai 3

Jalan Medan Merdeka Selatan No. 13 Jakarta 10110

Telepon (021) 29935678, Faksimile (021) 29935775

 

Sarinah Memperluas Pasar Kopi dan Teh Melalui Sinergi Dengan PTPN XII


Jakarta, 12 Maret 2018 - PT Sarinah (Persero) menandatangani MoU dengan BUMN perkebunan yaitu PTPN XII dan anak perusahaannya, yaitu PT Rolas Nusantara Mandiri. Penandatanganan MoU ini dilakukan untuk peningkatan pemasaran produk kopi-kopi terbaik yang dimiliki oleh PTPN XII.

Sinergi terbaru ini dilaksanakan untuk semakin memperkuat hubungan antara PTPN XII, PT Sarinah (Persero) maupun PT Rolas Nusantara Mandiri.  Hadir dalam acara penandatanganan tersebut Direktur Utama PT Sarinah (Persero) GNP Sugiarta Yasa, Direktur Utama PTPN XII Berlino Mahendra Santosa dan disaksikan oleh Deputi Bidang Usaha Konstruksi, Sarana dan Prasarana Perhubungan Kementerian BUMN Ahmad Bambang di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin, 12 Maret 2018. (12/03)

Dalam kerja sama ini, PTPN XII dan PT Rolas Nusantara Mandiri akan menyiapkan berbagai jenis produk kopi untuk Sarinah. Sarinah akan menjualkan produk kopi tersebut di gerai coffee shop “Cup of Java” yang dimiliki oleh Sarinah maupun di outlet-outlet yang dimiliki oleh Sarinah di bandara. Hasil produk kopi dan teh PTPN XII dipasarkan juga secara online oleh PT Sarinah (Persero) melalui SarinahOnline.co.id yang diharapkan akan memperluas potensi pasar dengan pembelian secara bulky.

Ngurah menyampaikan, “Coffee itu merupakan gaya hidup, sangat menarik apabila kopi itu disajikan dengan paket yang menarik sebagai gift ke tamu mancanegara. Sarinah akan terus memasarkan produk ini untuk kebutuhan pasar ritel maupun pasar ekspor kami.”  Strategi bisnis PT Rolas dalam hal mengembangkan bisnis kopi maupun gerai-gerai kopinya sejalan dengan kebutuhan bisnis Sarinah.

Di kedepannya, PT Sarinah (Persero) akan menghadirkan “Cup of Java” untuk memenuhi kebutuhan lifestyle. Hal ini juga berfungsi untuk mengenalkan aneka kopi nusantara unggulan yang bercita rasa tinggi, sehingga bisa menumbuhkan kebanggaan bagi anak muda terhadap produk kopi lokal nusantara.

Dengan PTPN XII, PT Sarinah (Persero) berharap dapat terus menjalin kerja sama dalam pengembangan bisnis “Coffee Shop” yang ada di bandara-bandara.      

“Dengan adanya MoU dengan Sarinah ini, akan tercipta value creation baik bagi PTPN XII maupun Sarinah. Kami cukup berbangga bisa bermitra dengan Sarinah yang dinilai cukup kompeten dalam industri hilir. Kami mempunyai produk unggulan coklat, kopi dan teh dan berniat untuk menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” ujar Berlino. Dia berharap PTPN XII bisa tumbuh menjadi world class company dan membawa nilai tambah bagi seluruh stakeholder di Indonesia.

Ahmad Bambang mengatakan bahwa tujuan dari sinergi BUMN ini adalah strategic sourcing. Tantangan untuk maju harus dapat terealisasi. Melalui kolaborasi PTPN XII dan Sarinah diharapkan dapat meningkatkan kinerja kedua perusahaan.

“Sudah saatnya kita berkolaborasi dengan semua pihak. Melalui sinergi ini, diharapkan dapat diikuti oleh BUMN-BUMN lainnya untuk dapat meningkatkan kinerjanya,” jelas Ahmad Bambang.

***

Informasi lebih lanjut:

Ferry Andrianto

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol

Telp. 021-29935678 ext 1107

HP. 081213569399

Email: ferry.andrianto@bumn.go.id


 

Kategori Siaran Pers
Sub Kategori Berita BUMN
Kiprah BUMN Membangun Negeri
Profil BUMN Indonesia Tahun 2017
Prescon SMT I 2017
Renstra 2019

Social Media Bumn