Siaran Pers Kunker Lombok

Oleh Kementerian BUMN 1 Januari 2018 16:19:45 WIB Di Lihat : 25

SIARAN PERS

Nomor: PR-59/S.MBU.3/12/2017

Bagian Humas dan Protokol Gedung Kementerian BUMN Lantai 3

Jalan Medan Merdeka Selatan No. 13 Jakarta 10110

Telepon (021) 29935678, Faksimile (021) 29935775

 

 Tinjau Langsung Pelabuhan Kayangan Lombok, Menteri Rini Tegaskan Dukungan Bagi Pelayanan Publik di Libur Panjang Akhir Tahun 2017

 

LOMBOK, 31 Desember 2017 – Pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terus mendukung kesiapan dan kelancaran pelayanan bagi masyarakat pada libur panjang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. Dukungan tersebut ditunjukkan melalui tinjauan langsung  Menteri BUMN, Rini M. Soemarno ke Pelabuhan Kayangan, di Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu (31/12/2017).

Pelabuhan Kayangan merupakan salah satu pelabuhan milik perusahaan negara, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) dengan wilayah operasional melintasi Kayangan (Pulau Lombok) – Pototano (Pulau Sumbawa) di Provinsi NTB.

Dalam kunjungan tersebut hadir pula Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan Kementerian BUMN Gatot Trihargo, Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi, Direktur Utama  PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Achmad Baiquni, Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Maryono, Direktur Utama PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk Jobi Triananda dan sejumlah pejabat setempat lainnya.

Rini mengatakan, dalam mendukung kelancaran dan kenyamanan bagi mobilitas sepanjang akhir tahun 2017, BUMN hadir memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat terutama masyarakat di wilayah kepulauan di tanah air. “Kami ingin selalu memastikan bahwa masyarakat bisa terlayani dengan baik. ASDP sebagai BUMN yang bergerak dalam jasa angkutan penyeberangan dan pengelola pelabuhan penyeberangan untuk penumpang, kendaraan dan barang, selalu memberikan pelayanan optimal kepada pengguna jasa pelabuhan penyeberangan yang melakukan perjalanan mudik dan perjalanan balik  dengan aman, nyaman, tertib dan selamat sampai tujuan,” katanya.

Ira Puspadewi menambahkan, dalam mendorong konektivitas dan pertumbuhan ekonomi nasional, ASDP Indonesia Ferry saat ini memiliki 29 Cabang yang tersebar di seluruh kepulauan Indonesia dengan 35 Pelabuhan, 206 Rute dan 146 Kapal. Khusus untuk pelayanan Natal dan Tahun Baru, terdapat 9 titik perlintasan yang mendapat pantauan khusus dari PT ASDP terutama di wilayah Indonesia Timur dan Sumatera Utara yang antara lain yaitu (Merak–Bakauheni), (Ketapang–Gilimanuk), (Lembar–Padangbai), (Kayangan–Pototano), (Tjg. Kelian–Tjg. Api Api), (Sibolga–Nias), (Bitung–Ternate), (Hunimua–Waipirit) dan (Kupang–Rote & Kupang–Sabu).

“Secara nasional, ada 206 lintasan penyeberangan di seluruh wilayah Indonesia yang dilayani oleh PT ASDP. Sampai saat ini, penyebrangan antarpulau masih berjalan lancar meskipun di beberapa titik sempat jeda operasi karena cuaca buruk. Dibandingkan hari biasa, pada masa Natal dan Tahun Baru selalu terjadi kenaikan jumlah penumpang. Kami terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," kata Ira.

Secara umum ASDP mencatat, jumlah perjalanan  hingga November 2017 tercatat 212.252 kali, dengan jumlah penumpang 6,16 juta orang, jumlah kendaraan roda dua sebanyak 3,80 juta unit, kendaraan roda empat 1,96 juta unit dan angkutan barang sebanyak 687,46 ribu unit.

Sedangkan di  libur panjang Natal  2017 dan Tahun 2018 (Kumulatif sampai dengan H+2 Tahun 2017) tercatat jumlah keberangkatan penumpang sebanyak 1,61 juta atau naik 3% jika dibandingkan periode yang sama tahun 2016 yang tercatat 1,55 juta orang. Jumlah Kendaraan roda dua tercatat sebanyak 110,97 ribu unit turun 4% dibandingkan tahun 2016 dan jumlah kendaraan roda empat tercatat sebanyak 252,87ribu unit atau naik 2% jika dibandingkan dengan 2016.

Di Pelabuhan Kayangan Lombok, ASDP mencatat keberangkatan penumpang selama libur panjang Natal dan Tahun Baru 2018 tercatat 35.783 orang atau mengalami kenaikan 4% jika dibandingkan sebelumnya 34.498 orang di 2016. Jumlah kendaraan roda dua tercatat 106,19 ribu unit di 2017 atau turun 4% dibandingkan sebelumnya 110,97 ribu unit di 2016. Jumlah kendaraan roda empat tercatat 259,04 ribu unit di 2017 atau naik 2% jika dibandingkan sebelumnya 252,87 ribu di 2016. Jumlah perjalanan tercatat 10.588 kali atau naik 8% jika dibandingkan dengan sebelumnya 9.761 kali di 2016.

Di sela-sela kunjungannya di Kapal “Ranja Enggan” milik ASDP, Rini berpesan agar BUMN pelayanan selalu memperhatikan kualitas pelayanan kepada masyarakat seperti menjaga kebersihan dan kenyamanan fasilitas umum, baik di dalam Kapal Penyebrangan atau di sekitar areal dermaga.

Selain ASDP, dukungan terhadap peningkatan kualitas pelayanan publik juga disampaikan kepada BUMN-BUMN lainnya yang terlibat dalam libur panjang akhir tahun 2017 antara lain PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero), PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) (Persero), PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Angkasa Pura I (Persero), PT Angkasa Pura II (Persero) dan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.

 

 

Informasi lebih lanjut:

Ferry Andrianto

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol

Telp. 021-29935678 ext 1107  Email: ferry.andrianto@bumn.go.id

Kategori Siaran Pers
Sub Kategori Berita BUMN,Berita KBUMN
Profil BUMN Indonesia Tahun 2017
Prescon SMT I 2017
Renstra 2019

Social Media Bumn