Pertamina dan Pelindo I-IV Jalin Sinergi

Oleh Kementerian BUMN 19 Februari 2019 17:24:30 WIB Di Lihat : 53

 

Menteri Badan Usaha Milik Negara, Rini Soemarno mendampingi penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara PT Pertamina dengan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I hingga IV di Kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Jakarta, Senin (18/2). Kerja sama ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kerangka sinergi BUMN yang lebih kuat, tangguh dan kokoh.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati, Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia I (Persero), Bambang Eka Cahyana, Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II (Persero), Elvyn G. Masassya, Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), Doso Agung, dan Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Farid Dadang.

Rini mengatakan, sinergi antara kedua belah pihak menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu. Dengan adanya kesepakatan tersebut, Rini berharap penurunan biaya logistik dapat dilakukan. Dengan penurunan biaya ini, barang dapat dikirim dengan tepat waktu dan efisien. "Fungsi pelabuhan sangatlah penting bagi Indonesia yang memiliki laut yang sangat luas, dan konektivitas antarpelabuhan sangatlah krusial dalam menurunkan biaya logistik," ujar Rini.

Rini menyatakan rasa bangganya karena Pertamina menjalin kerja sama dengan seluruh Pelindo. Ke depan, pelabuhan Pertamina pun akan dikerjasamakan dengan Pelindo sehingga diharapkan mampu memberikan hasil yang optimum dan mampu meningkatkan level competitiveness pelabuhan, baik secara dunia maupun di dalam negeri sendiri. Sinergi antara lima perusahaan BUMN ini diharapkan akan menjadi penopang perekonomian Indonesia yang diyakini semakin baik dalam lima tahun ke depan.

Terlaksananya sinergi bisnis ini menghasilkan beberapa manfaat, seperti meningkatkan ketahanan energi nasional, menciptakan revenue dan value creation dengan kerja sama penggunaan aset lahan dan pelabuhan, sert meningkatkan daya saing usaha BUMN seiring efisiensi yang terjadi meliputi penyediaan BBM, Bunker, Pelumas untuk Pelindo Group, seperti layanan jasa kepelabuhan kapal tunda, pandu, pengurukan dan pembangunan dermaga.

"Saya berterima kasih karena Pelindo I, II, III, IV mau bersama-sama mewujudkan Indonesia yang kuat, tangguh di bidang kemaritiman," tandas Rini.

Kategori Berita KBUMN
Sub Kategori Berita BUMN
Sinergi Wujudkan Pembangunan Negeri Berkelanjutan
4 Tahun Prestasi BUMN
Kinerja BUMN Tahun 2017 Update
Kiprah BUMN Membangun Negeri
Profil BUMN Indonesia Tahun 2017
Renstra 2019

Social Media Bumn