Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI

Oleh Kementerian BUMN 22 Agustus 2019 15:24:45 WIB Di Lihat : 24

Jakarta, 17 Agustus 2019 – Kementerian BUMN menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan tema “SDM Unggul Indonesia Maju”. Upacara yang digelar di Halaman Depan Gedung Kementerian BUMN ini dihadiri oleh pegawai Kementerian BUMN, pegawai Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), perwakilan Direksi dan pegawai BUMN, Pengurus Dharma Wanita Persatuan Kementerian BUMN dan Ikatan Istri Pejabat BUMN, serta seluruh tenant di lingkungan Gedung Kementerian BUMN.

Pada upacara kali ini, ada sesuatu yang baru di dalamnya. Untuk pertama kalinya, Kementerian BUMN membentuk Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang berasal dari CPNS Kementerian BUMN untuk menggelorakan semangat Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia. Sebanyak 79 orang CPNS Tahun 2019 didapuk sebagai Paskibra yang dibagi menjadi Tim Pasukan 17 sebagai Pengiring Bendera, Pasukan 8 sebagai Pembawa Bendera, dan Pasukan 45 sebagai Pengawal Pembawa Bendera sebagaimana Peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Nomor 0065 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). Ke-79 orang anggota Paskibra ini telah melalui serangkaian latihan intensif dan pembekalan sejak awal Juli 2019.

Peringatan HUT ke-74 ini menjadi momentum untuk terus mewujudkan semangat Proklamasi dalam membentuk SDM Indonesia yang unggul dan mampu membawa kemajuan bangsa. Demikian disampaikan Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo dalam Pidato Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat RI pada tanggal 16 Agustus 2019.

“Saya mengajak semua Lembaga-Lembaga Negara untuk membangun sinergi yang kuat guna menyelesaikan tugas sejarah kita. Mendukung lompatan-lompatan kemajuan untuk mengentaskan kemiskinan, menekan ketimpangan, dan membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya. Bergandengan tangan menghadapi ancaman intoleransi, radikalisme, dan terorisme. Serta ikut serta melahirkan lebih banyak lagi SDM-SDM unggul yang membawa kemajuan bangsa,” tutur Bapak Joko Widodo.

Sehubungan dengan hal tersebut, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, Kementerian BUMN bersama perusahaan-perusahaan BUMN kembali menyelenggarakan program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) di 34 Provinsi seluruh Indonesia, sebuah kegiatan Pertukaran Pelajar SMU seluruh Nusantara. Program ini merupakan perwujudan kontribusi BUMN dalam berperan dan membangun capacity building bagi SDM generasi penerus bangsa dan telah berlangsung sejak 2015 dengan tujuan meningkatkan wawasan kebangsaan dan rasa cinta tanah air sejak dini kepada siswa SMA/SMK/SLB.

Tahun ini BUMN PIC Wilayah Jakarta, yakni PT Pupuk Indonesia (Persero) bersama BUMN Co-PIC Perum Pengangkut Penumpang Djakarta, PT Indra Karya (Persero), PT Petrokimia Gresik dan PT Virama Karya (Persero) mengundang 23 pelajar asal provinsi Maluku yang tergabung dalam program SMN untuk mengikuti upacara di Halaman Gedung Kementerian BUMN.

Upacara yang dipimpin oleh Oky S. dari PT Indra Karya (Persero) sebagai Komandan Upacara ini dimulai pukul 07.30 WIB dengan Inspektur Upacara, Bapak Edwin Hidayat Abdullah selaku Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN sekaligus Pendamping Wilayah Provinsi DKI Jakarta BUMN Hadir Untuk Negeri Tahun 2019.

Upacara ini dimeriahkan pula dengan penampilan Paduan Suara Gabungan Kementerian BUMN dan PT Kimia Farma (Persero) Tbk, dan marching band Pesantren Daarul Quran asuhan Ust. Yusuf Mansur. Bertindak sebagai petugas upacara beberapa pegawai Kementerian BUMN dan BUMN PIC/Co-PIC.

Kategori Berita KBUMN
Sub Kategori Artikel KBUMN
Dokumentasi BUMN Hadir Untuk Negeri Tahun 2018
Sinergi Wujudkan Pembangunan Negeri Berkelanjutan
4 Tahun Prestasi BUMN
Kinerja BUMN Tahun 2017 Update
Kiprah BUMN Membangun Negeri
Profil BUMN Indonesia Tahun 2017
Renstra 2019

Social Media Bumn