Pancasila, Pemersatu Bangsa

Oleh Kementerian BUMN 1 Juni 2019 09:10:21 WIB Di Lihat : 34

JAKARTA, 1 Juni 2019 – Kementerian Badan Usaha Milik Negara menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila sebagai sebagai falsafah dan dasar negara. Upacara yang dilaksanakan di halaman depan Gedung Kementerian BUMN dihadiri oleh pegawai Kementerian BUMN, Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) serta seluruh tenant. Upacara yang dipimpin oleh Ramadhanu Dwi Nugraha sebagai Pemimpin Upacara ini dimulai pukul 08.00 WIB sebagaimana arahan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Bertindak sebagai Pembina upacara, Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Bapak Aloysius Kiik Ro.

Sebagai bangsa yang hidup di lebih dari 17.000 pulau di Nusantara, Indonesia tumbuh dengan keberagaman karakteristiknya. Mulai dari keberagaman flora dan fauna hingga keberagaman antropologis dan sosiologis di masyarakatnya yang disebut Tamansari Kebudayaan. Di tengah seluruh keberagaman tersebut, Pancasila hadir sebagai pemersatu kehidupan bangsa yang inklusif.

Selama 74 tahun, Pancasila bertahan dan tumbuh di tengah deru perkembangan zaman sehingga pada peringatan kali ini kiranya kita perlu merefleksikan momentum sejarah dimana para pendiri bangsa menggali nilai dasar negara yang dapat menyatukan seluruh bangsa. Selain itu, dengan memperingati Hari Kelahiran Pancasila, kita membangun harapan untuk kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik lagi.

“Untuk itu diperlukan kesadaran dan pemahaman untuk saling menghormati, saling bekerja sama, bergotong royong dalam menyelesaikan permasalahan yang ada,” ujar Bapak Aloysius Kiik Ro saat membacakan Amanat Plt. Kepala BPIP, Bapak Hariyono.

Pada upacara kali ini, Kedeputian Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha bertindak sebagai petugas upacara. Sebagai pengibar Bendera Merah Putih adalah Amanda Nurfitriana, Indi Sobaha dan Alviana Aslama Anantia. Sementara itu, Aji Aprianto bertindak sebagai ajudan Pembina Upacara dan Cyntia Rahayu Sibuea sebagai pembawa acara. Achmad Chauduri bertugas sebagai pembaca Teks Pembukaan UUD 1945 dan Abdul Kollid sebagai pembaca doa. Dalam kesempatan ini dinyanyikan pula lagu Garuda Pancasila yang dipimpin oleh Hasya Amila sebagai dirijen. (*)

Kategori Berita KBUMN

Dokumentasi BUMN Hadir Untuk Negeri Tahun 2018
Sinergi Wujudkan Pembangunan Negeri Berkelanjutan
4 Tahun Prestasi BUMN
Kinerja BUMN Tahun 2017 Update
Kiprah BUMN Membangun Negeri
Profil BUMN Indonesia Tahun 2017
Renstra 2019

Social Media Bumn