CPNS Kementerian BUMN Pelajari Nilai-nilai Dasar PNS di Diklat Prajabatan

Oleh Kementerian BUMN 29 Agustus 2016 09:10:51 WIB Di Lihat : 54

Pada tanggal 27 Juli – 6 September 2016, sebanyak 22 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian BUMN mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Prajabatan Golongan III di Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Jakarta bersama dengan 14 orang dari beberapa instansi lain. Diklat ini merupakan salah satu syarat wajib bagi CPNS untuk dapat diangkat menjadi PNS.

Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2000 tentang Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Pegawai Negeri Sipil (PNS), ditetapkan bahwa salah satu jenis Diklat yang strategis untuk mewujudkan PNS sebagai bagian dari ASN profesional adalah Diklat Prajabatan. Diklat ini dilaksanakan dalam rangka membentuk nilai-nilai dasar profesi PNS yang berperan dalam membentuk karakter PNS yang kuat, yaitu PNS yang mampu bersikap dan bertindak profesional dalam melayani masyarakat.

Pola yang digunakan pada pelaksanaan Diklat Prajabatan kali ini adalah pola baru yang digagas oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) sesuai Peraturan Kepala LAN Nomor 15 tahun 2015 tentang Pedoman Penyelenggaran Diklat Prajabatan CPNS Golongan III. Materi yang diajarkan yaitu tentang nilai-nilai dasar profesi PNS terdiri dari Aktualisasi, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, dan Anti Korupsi (ANEKA). Selama kurang lebih 19 hari, peserta belajar mengenai ANEKA di kampus BBPK Jakarta (on campus) disertai dengan ujian tertulis dan seminar rancangan kegiatan aktualisi. Kegiatan aktualisasi nilai ANEKA dilakukan selama 14 hari di unit kerja masing-masing (off campus), kemudian presentasi laporan aktualisasi di akhir rangkaian diklat.

Peserta Diklat juga dituntut untuk mampu memberikan inovasi dalam pekerjaannya sehingga menciptakan kinerja yang lebih efektif dan efisien. Pembuatan inovasi ini termasuk ke dalam kegiatan aktualisasi nilai-nilai dasar profesi PNS sebagai tugas akhir pelaksanaan Diklat, bersama dengan pelaksanaan kegiatan lain yang sesuai dengan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) dan juga penugasan dari atasan. Selain itu, peserta juga dididik kedisiplinan dengan kegiatan-kegiatan rutin selama di asrama, seperti sholat berjamaah, olah raga dan apel setiap pagi. Materi dan metode pelaksanaan yang interaktif dan menarik membuat peserta lebih bersemangat dalam melaksanakan seluruh rangkaian diklat.

Diklat Prajabatannya menarik, karena CPNS ditanamkan nilai-nilai sebagai pengubah kultur organisasi ke arah yang lebih modern berdasar pada kecintaan terhadap tanah air.” Kata Yudha, salah satu CPNS Kementerian BUMN.

 

Penulis: Riyuni Asih, CPNS Kementerian BUMN

Kategori Berita KBUMN

Prescon SMT I 2017
Peluang Investasi di Proyek BUMN
Renstra 2019
Peluang Investasi di Proyek BUMN
Renstra 2019

Social Media Bumn