Kamis, 24 April 2014

Portal Kementerian BUMN | Direktori BUMN

PT Bahtera Adhiguna

Visi Kementerian BUMN : "Meningkatkan peran BUMN sebagai instrumen negara untuk peningkatan kesejahteraan rakyat berdasarkan mekanisme"

Prestasi

Kegiatan

April  2014
Sen Sel Rab Kam Jum Sab Min
   
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30  

Kontak Kami

pic

Jajak

How Is My Site?

View Results

Loading ... Loading ...

Depnakertrans Kaji K3 Perusahaan Transportasi

15 Maret 2007

(SINDO, 15 Maret 2007) Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Depnakertrans) mengaku telah melakukan kajian terkait penerapan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di beberapa perusahaan transportasi laut dan udara.

Plt Dirjen Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan Depnakertrans Suwito Ardiyanto mengatakan, kelayakan transportasi udara dan laut tidak hanya ditentukan faktor teknis saja. Faktor jaminan keselamatan penumpang dan tenaga kerja, ujar dia, juga menjadi persyaratan yang harus dipenuhi perusahaan transportasi. “Kami masuk tim makro dan telah melakukan kajian terhadap berbagai perusahaan transportasi yang layak mendapatkan sertifikasi,”tegasnya seusai membuka Workshop Nasional Ahli K3 Bidang Pesawat Uap dan Bejana Tekan di Jakarta, kemarin.

Rencananya, hasil kajian tersebut akan direkomendasikan ke Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) sebagai salah satu persyaratan kelayakan.Suwito menjelaskan, materi yang menjadi kajian menyangkut keikutsertaan para perusahaan dalam program asuransi dan K3. Depnakertrans bekerja sama dengan KNKT telah melakukan inventarisasi terhadap perusahaan transportasi udara dan laut yang sudah mengikuti asuransi dan menerapkan manajemen K3. Hasil kajian sementara,ujar dia, Depnakertrans menemukan hanya sebagian perusahaan yang sudah menerapkan program ini. Padahal, keikutsertaan program tersebut menjadi salah satu persyaratan kelayakan dan sertifikasi dalam transportasi. Sayangnya, Suwito enggan mengatakan perusahaan mana saja yang tidak memenuhi persyaratan tersebut. ”Nanti akan disampaikan Menaketrans sendiri,”ungkapnya. Meski demikian, Suwito mengungkapkan,saat ini masih banyak perusahaan yang belum menerapkan K3.

Akibatnya, banyak penumpang dan pekerja yang kurang mendapatkan jaminan keselamatan. Sementara itu,Kepala Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Mujiman menyampaikan, perlu adanya standar yang tegas terkait penerapan keselamatan. Karena itu,perlu disepakati bersama dengan stakeholders agar tidak terjadi perbedaan pandangan.Dia mengaku,penerapanK3merupakanpersyaratan mutlak dalam perusahaan, terutama yang menyangkut pesawat uap dan bejana tekan. “Kami ingin para ahli K3 bisa memberikanpemikiransoalstandardisasi ini,”ucapnya.(chamad hojin)

Source :Akan digusur



Kirim Komentar

Baca Komentar ( 0 )

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

: *


*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>