ASABRI Bedah Rumah di Kupang untuk Veteran

PT ASABRI (Persero) sebagai salah satu Perusahaan BUMN yang bergerak dibidang Asuransi Sosial Nasional, memberikan manfaat/jaminan yang optimal, meningkatkan kesejahteraan bagi Prajurit TNI, Anggota Polri dan PNS Kemhan/Polri dalam pelaksanaan kegiatan pembayaran Asuransi dan Pensiun. Selain tugas pokok, PT ASABRI juga melaksanakan dan menunjang program Pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat luas dalam bidang Ekonomi dan pembangunan Nasional.

Dalam hal ini BUMN sebagai kepanjangan tangan dari Pemerintah berusaha untuk memberikan kesejahteraan kepada Eks. Pejuang Integrasi Timor-Timur Nusa Tenggara Timur yang sampai saat ini kondisinya masih memperihatinkan, khususnya terhadap tempat tinggalnya yang kurang layak. Kementerian BUMN berupaya untuk memberikan kesejahteraan berupa rumah yang layak huni kepada para Eks. Pejuang Integrasi yang telah mengorbankan harta, tanah dan keluargannya bahkan jiwa dan raganya demi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kementerian BUMN menunjuk Asabri sebagai PIC yang bersinergi dengan BUMN antara lain PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, PT Pegadaian (Persero), Perum Jamkrindo, PT Pelindo III (Persero) dan PT Angkasa Pura I (Persero) untuk pembangunan Bedah Rumah Eks. Pejuang Integrasi Timor-Timur diwilayah Kupang NTT dengan bekerjasama dengan Korem 161/Wira Sakti Kupang sebagai pelaksana pembangunan.

Dengan dibuatnya Perjanjian Kerja Sama dalam pelaksanaan Sinergi BUMN untuk Pembangunan Bedah Rumah maka telah ditentukan jumlah unit rumah yang akan dibedah yaitu sebanyak 60 (enam puluh) Unit diwilayah Kupang dengan masing-masing BUMN 10 (sepuluh) unit rumah. Bedah Rumah untuk setiap rumah membutuhkan biaya Rp70.091.000,00 (tujuh puluh juta sembilan puluh satu ribu rupiah) dan tambahan biaya untuk untuk jasa audit, biaya papan nama dan biaya pembuatan buku laporan pertanggungjawaban kegiatan sebesar Rp14.062.500,00 (empat belas juta enam puluh dua ribu lima ratus rupiah) untuk setiap BUMN, dengan demikian jumlah dana yang dibutuhkan dan yang telah terkumpul dari 6 BUMN yaitu sebesar Rp4.289.835.000,00 (empat milyar dua ratus delapan puluh sembilan juta delapan ratus tiga puluh lima ribu rupiah)

Program Bedah Rumah yang dibangun itu diresmikan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno, pada hari Selasa (14/8/2018) dalam rangkaian kunjungan kerja beliau ke Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Ibu Rini yang turut menyaksikan penyerahan rumah dalam program bedah rumah di Kupang, sebelumnya mengadakan kunjungan kerja di Lombok untuk meninjau penyerahan bantuan korban gempa lalu melanjutkan kunjungan kerja di Pulau Rote untuk meninjau program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) di wilayah tersebut.

Direktur Utama Asabri, Sonny Widjaja juga turut hadir dalam peresmian dan penyerahan rumah pada program bedah rumah di Kupang. Pak Sonny mengucapkan terimakasih dan penghargaaan yang tinggi kepada Mitra kerja (BUMN Donatur), demikian juga jajaran Korem 161/Wira Sakti Kupang dan semua yang terlibat dalam pelaksanaan program dimaksud.

Semoga sumbangsih ini, bermanfaat bagi penerima bantuan demi mempertahankan NKRI.


Kategori Berita