PAMERAN FOTO "RWA BHINEDA" REKAM KESEDIHAN DAN KEGEMBIRAAN MASYARAKAT BALI

Puluhan foto jurnalistik bertema "Rwa Bhineda" pada 12-15 Desember 2019, yang dihelat LKBN ANTARA Biro Bali dalam rangkaian perayaan HUT ke-82 Kantor Berita Antara, merekam berbagai potret kesedihan dan kegembiraan masyarakat di Pulau Dewata sepanjang 2019 (12/12)

"Pameran foto Rwa Bhineda ini tentunya mengingatkan kita bahwa ada dua hal yang berbeda sifat atau kontradiktif tidak bisa kita lepaskan dalam hidup ini. Foto-fotonya sangat bagus," kata Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Bali I Wayan Suarjana saat membuka Pameran Foto Jurnalistik Rwa Bhineda serangkaian HUT ke-82 LKBN Antara, di Denpasar, Kamis.

Menurut Suarjana, dari foto-foto yang ditampilkan juga mengandung pesan agar umat manusia ingat atau "eling" ada buah dari karma yang dilakukan.

"Kalau melihat foto, kita pun menjadi ingat sejarah. Dengan mengisahkan dalam foto, jadi mengingatkan kita semua untuk mengubah mindset atau pola pikir kita yang tidak baik menjadi baik, dari yang tidak lurus menjadi lurus," ucap birokrat yang hadir mewakili Gubernur Bali itu.

Pameran foto jurnalistik yang dihelat di Kantor LKBN Antara Biro Bali di Jalan Mataram No 1 Lumintang, Denpasar itu menyajikan sebanyak 45 foto tunggal dan dua foto bercerita. Kesemua foto yang dipamerkan merupakan hasil jepretan tiga fotografer Antara Biro Bali yakni Nyoman Budiana, Naufal Fikri Yusuf dan Nyoman Hendra Wibowo.

Sesuai dengan tema "Rwa Bhineda", sebagian foto menggambarkan peristiwa yang bermakna kesedihan seperti menampilkan mantan Wagub Bali Ketut Sudikerta ketika akan menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri Denpasar karena terganjal kasus hukum dan mantan Ketua Kadin Bali Anak Agung Ngurah Alit Wiraputra yang sedang digiring ke ruang tahanan Polda Bali, hingga kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir Regional Sarbagita, Suwung, Denpasar.

Sedangkan foto yang menampilkan kebahagiaan diantaranya penyambutan pelatih Bali United oleh para suporter saat tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali karena menempati puncak klasemen Liga I Indonesia 2019, kemudian Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang terlihat tertawa usai dikukuhkan menjadi Ketua Umum dalam Kongres V PDI Perjuangan di Sanur, Denpasar, hingga ribuan pelajar membentangkan Bendera Merah Putih raksasa saat kegiatan Millenial Road Safety Festival yang digagas Polda Bali.

Selain itu, juga ditampilkan foto suka cita masyarakat Bali mengikuti sejumlah tradisi seperti saat sedang mengikuti tradisi Mebuug-buugan atau mandi lumpur di Desa Kedonganan, Kabupaten Badung, ada juga sejumlah yang memukulkan api dari sabut kelapa saat mengikuti tradisi Mesiat Geni di Desa Tuban, Badung, serta warga menarikan Tari Rejang Renteng massal untuk mengikuti ritual pakelam dalam rangkaian Pembukaan Nusa Penida Festival 2019.

Tak ketinggalan ditampilkan pula foto tunggal mengenai antusiasme masyarakat Bali dalam Pemilu Presiden dan Legislatif 2019 bahkan sampai menggunakan kostum Superhero. Masih terkait bidang politik, juga disajikan foto Prabowo Subianto saat berkampanye dalam Pilpres 2019.

Kehadiran Presiden Joko Widodo ke Pulau Dewata pun tak lepas dari bidikan fotografer ANTARA yang ditampilkan dalam pameran foto saat orang nomor satu di Pulau Dewata itu meninjau lokasi latihan olahraga paralayang di Desa Kutuh, Kabupaten Badung.

Sementara dua foto bercerita menggambarkan para keluarga dan korban yang selamat dalam Peristiwa Bom Bali yang sampai saat ini masih berada dalam kenangan pilu dan bayang-bayang peristiwa tragis tersebut dan satu foto bercerita lagi soal ancaman kepungan sampah plastik di Bali, serta solusi yang telah diupayakan pemerintah dengan pembatasan penggunaan kantong plastik.

Kepala LKBN Antara Biro Bali Edy M Yakub mengatakan HUT ke-82 Antara yang dilaksanakan dalam acara berformat "simakrama" dan pameran foto itu diadakan setahun sekali setiap HUT untuk mengembangkan budaya tatap muka yang sekarang mulai tersaingi budaya tatap layar melalui ponsel pintar.

Setahun terakhir, kata Edy, Antara tetap menjalin hubungan dengan media massa di Bali yang kini mencapai belasan media, namun juga menguatkan hubungan dengan pemerintah dan masyarakat melalui pemberitaan, foto, pameran foto, pelatihan jurnalistik, media partner, media visit, dan magang. Yang terbaru, lomba esai bekerja sama dengan Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi Bali.

Sementara itu, Nyoman Hendra Wibowo, fotografer Antara, mengatakan dengan pameran itu sekaligus untuk mengenalkan foto-foto jurnalistik yang belum diketahui banyak oleh masyarakat.

"Foto jurnalistik itu ya foto apa adanya sesuai dengan peristiwa yang terjadi, tidak ada settingan. Kita harus bisa membaca situasi, dan foto harus mengandung pesan yang disampaikan. Bahkan tidak sedikit foto yang harus menunggu waktu lama untuk berhasil mengabadikannya," ucapnya.

Acara itu dihadiri pula Konsul Jenderal Republik Rakyat Tiongkok di Denpasar Gou Haodong, jajaran Humas Pemprov dan Pemkab/Pemkot se-Bali, Diskominfo se-Bali, Ombudsman RI Perwakilan Bali, jajaran KPU dan Bawaslu Provinsi Bali dan Kota Denpasar, perwakilan TNI/Polri, kalangan BUMN dan swasta, unsur perguruan tinggi dan komunitas masyarakat lainnya.

Pewarta : Ni Luh Rhismawati

Eru Sasanti R. Peni/Sekretariat Perusahaan


Kategori Publikasi
Sub Kategori Artikel