Antaranews.com raih penghargaan Citra Dharma Bhakti dari BNPB

Badan Nasional Penanggulangan Bencana memberikan penghargaan khusus Citra Dharma Bhakti kepada portal berita Kantor Berita ANTARA, antaranews.com.

Penghargaan diberikan di Kota Bengkulu, Senin malam dalam rangka memperingati Bulan Pengurangan Risiko Bencana Tingkat Nasional 2014 di Provinsi Bengkulu.

Penghargaan tersebut sebagai bentuk kesigapan, kecepatan dan ketanggapan media dalam menyampaikan informasi secara cepat, tepat dan edukatif.

Penerima penghargaan dari antaranews.com diwakilkan kepada Kepala Biro Antara Bengkulu Triono Subagyo.

Selain antaranews.com, penghargaan serupa juga diberikan BNPB kepada Radio Elshinta, Majalah Tempo, Koran Sindo, serta DAAI TV.

Ada beberapa kategori penghargaan yang diberikan BNPB yaitu website BPBD tingkat provinsi , tingkat kabupaten/kota, fotografi, film dokumenter, karya tulis jurnalistik, serta tokoh inspiratif.

Kepala BNPB Syamsul Maarif mengatakan "Tangguh Award 2014" diberikan kepada media karena telah memberikan pendidikan baik kepada masyarakat maupun pemerintah atau pejabat.

"Banyak pejabat yang tidak tahu bagaimana sigap bencana. Tetapi karena jabatannya ia enggan dan gengsi untuk bertanya kepada bawahan atau pihak lain, tetapi dengan mendapat informasi dari media, ia pun mendapatkan pendidikan tersebut," kata dia.

Ia pun mengakui, penghargaan tersebut tidak sebanding dengan jerih payah dan keikhlasan awak media dalam memberitakan, namun dalam "Tanggung Award" terselip pesan yakni teruskan perjuangan dalam mengedukasi masyarakat terkait sigap bencana.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan untuk website di tingkat provinsi baru ada 20 dari 34 provinsi yang ada, sedangkan kabupaten/kota baru 25 persennya yakni dari 419 kab/kota baru 104 yang memiliki website.

Sutopo juga menjelaskan untuk fotografi diikuti 1.625 peserta dari semua golongan baik dalam maupun luar negeri, film dokumenter diikuti 126 peserta, karya tulis jurnalistik 412 peserta, tokoh inspiratif 527 peserta.


Kategori Prestasi