Sunday, 20 April 2014

Portal Kementerian BUMN | Direktori BUMN

Visi PT Angkasa Pura I (Persero) : "Menjadi salah satu dari sepuluh perusahaan pengelola bandar udara terbaik di Asia."

Achievements

Activity

April  2014
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
   
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30  

Contact Us

pic

Polls

API Peroleh Kucuran Kredit Rp4,4T

20 September 2013

JAKARTA - PT Angkasa Pura I (AP I) menerima kucuran kredit dari tiga bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia (BNI), dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) senilai total Rp4,4 triliun.

Pekerja tengah menyelesaikan proyek pengembangan Bandara Ngurah Rai, Bali, kemarin. Proyek pengembangan bandara yang menelan investasi Rp2,8 triliun ini akan meningkatkan kapasitas pelayanan hingga 25 juta orang penumpang per tahun, dari sebelumnya 14 juta penumpang pertahun.

Dari total pinjaman sebesar Rp4,4 triliun tersebut, Bank Mandiri akan mengucurkan kredit sebesar Rp2,4 triliun, sedangkan BNI dan BRI masing-masing menyalurkan pinjaman Rpl triliun.

Direktur Utama Angkasa Pura I Tommy Soetomo, mengatakan fasilitas pinjaman ini merupakan refinancing atas pembangunan tiga bandara yang dijadwalkan akan selesai pada tahun 2013, yaitu Bandara I GustiNgurah Rai Bali, Bandara Sepinggan Balikpapan, dan T2 Bandara Juanda Surabaya.

“Ketiga proyek tersebut nilainya sekitar Rp6 triliun. Pinjaman ini juga akan digunakan untuk pengembangan dan pembangunan bandara-bandara AP I berikutnya yang akan dilakukan dalam waktu dekat, yaitu Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin, Bandara AhmadYani Semarang, dan bandara baru di Yogyakarta,” ujar Tommy kemarin.

Pengembangan dan pembangunan sejumlah bandara tersebut, imbuh Tommy, selain untuk mengantisipasi lonjakan pertumbuhan penumpang pesawat udara dan untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa bandara, juga dimaksudkan untuk meningkatkan pendapatan perusahaan dari sektor non-aeronautika.

Direktur Institusional Bank Mandiri Abdurrahman mengatakan bahwa Bank Mandiri, BNI, dan BRI memiliki komitmen yang sangat tinggi untuk bersama-samadenganAngkasa Pura I dalam pengembangan bandara. Dia menilai bandara merupakan salah satu penopang pertumbuhan ekonomi Indonesia yang sangat luar biasa. Dengan menunjang pengembangan dunia kebandar-udaraan di Tanah Air, dapat memberikan manfaat langsung kepada masyarakat.

“Kami yakin bahwa kerja sama ini tidak berhenti pada proyekinisaja, tetapijuga untuk proyekpengembangan bandara Angkasa Pura I selanjutnya,” katanya.

Pengelola bandara pelat merah tersebut, mulai kemarin resmi mengoperasikan terminal internasional baru di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali. Tommy mengatakan, operasi boyong kedatangan pertama penumpang internasional di terminal baru Bandara I GustiNgurah Rai pagi kemarin berjalan lancar.

“Pesawat China Airlines MU 5029 dari Shanghai yang membawa 209 orang penumpang mendarat pukul 06.22WITA. Menyusulpesawat Malaysia Airlines MH 867 dengan 68 orang penumpang mendarat pukul 06.30 WITA. Seluruh sistem operasi seperti baggage claim, visa on arrival, imigrasi, bea cukai, dan lainnya berjalan lancar sesuai dengan rencana,” kata Tommy.

Penumpang pesawat China Airlines yang mendarat pertama kali tersebut disambut oleh jajaran direksi Angkasa Pura I dengan pengalungan bunga. Parapenumpangjuga disambut dengan tari pendet dan gamelan khas Bali di area kedatangan.

Dengan selesainya pekerjaan konstruksi proyek pengembangan bandara selama dua tahun tiga bulan, terminal baru Bandara Internasional I

“Kami yakin bahwa kerja sama ini tidak berhenti pada proyek ini saja, tetapi juga untuk proyek pengembangan bandara Angkasa Purai selanjutnya.”

Direktur Institusional Bank Mandiri Gusti Ngurah Rai mulai 19 September 2013 ini telah siap dioperasikan dan digunakan untuk melayani kedatangan penumpang internasional. “Diharapkan, dengan fasilitas yang baru ini, kami dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan lebih maksimal kepada para pengguna bandara,” imbuh Tommy.

Menurut Tommy, terminal baru ini selain memiliki luas yang lebih besar dari terminal lama, beberapa fasilitas juga ditingkatkan. Di terminal internasional baru ini tersedia tujuh bagagge claim, 20 konter visa on arrival dari yang sebelumnya hanya ada tujuh konter, 26 konter imigrasi, serta tiga konter bea dan cukai.

Menurut data, jumlah penumpang internasional yang datang ke Bandara I Gusti Ngurah Rai hingga Agustus 2013 ini tercatat sebanyak 2,2 jutaorang.Angkainimeningkat sebesar 6% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu. (Sumber:Seputar Indonesia)



Kirim Komentar

Baca Komentar ( 0 )

Your email address will not be published. Required fields are marked *

: *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>