Assesmen Implementasi KPKU BUMN

Membangun kinerja yang ekselen merupakan suatu keharusan bagi suatu perusahaan dalam pencapaian kinerja keuangan dan non keuangan. Dalam kaitan tersebut maka Kementerian BUMN telah mewajibkan seluruh BUMN untuk melaksanakan KPKU (Kriteria Penilaian Kinerja Unggul) dalam pengukuran kinerjanya. Sesuai intruksi dari Kementerian BUMN pada surat S-198/D7.MBU/10/2017 tentang Pelaksanaan Assesmen Implementasi KPKU BUMN tahun 2017.

PT AMKA (Persero) telah melaksanakan Assesmen selama 5 (lima) hari, dimulai tanggal 15-19 Januari 2018. Penerapan KPKU dilatarbelakangi oleh tuntutan kepada BUMN untuk mampu meningkatkan daya saing sekaligus siap menghadapi era pasar bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN. Dengan berpedoman pada KPKU, maka setiap BUMN dapat menilai semua elemen di perusahaan tersebut yang berpengaruh pada pengelolaan perusahaan, peningkatan proses, serta peningkatan hasil. Diharapkan KPKU tidak hanya sekedar untuk mengetahui pencapaian kinerja Perusahaan saja, namun juga diperlukan adanya komitmen bersama untuk terus mereview dan memberikan inovasi bagi kemajuan Perusahaan.

Pada tahun 2018 akan dilakukan review atas pelaksanaan assesmen KPKU, sehingga penilaian assesmen KPKU di tahun 2018 tidak dilakukan. Selanjutnya di tahun 2019 penilaian assesmen implementasi KPKU akan dilakukan dengan berdasarkan dokumen dan kinerja perusahaan periode Januari s.d Desember 2018 baik untuk penilaian proses berbasis ADLI maupun penilaian hasil berbasis LeTCI.


Kategori Berita