Friday, 25 April 2014

Portal Kementerian BUMN | Direktori BUMN

Visi Kementerian BUMN : "Meningkatkan peran BUMN sebagai instrumen negara untuk peningkatan kesejahteraan rakyat berdasarkan mekanisme"

Achievements

Activity

April  2014
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
   
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30  

Kontak Kami

pic

Polls

Sorry, there are no polls available at the moment.

Proyek Jembatan Pabelan Terkendala Cuaca

11 May 2011

Jembatan yang runtuh akibat terjangan banjir lahar dingin di Sungai Pabelan, Muntilan, Jawa Tengah, Kamis (31/3/2011)

Kementerian Pekerjaan Umum optimistis pembangunan Jembatan Pabelan di jalur utama Magelang-Yogyakarta di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, selesai sesuai jadwal, meskipun cuaca ekstrem akhir-akhir ini menjadi kendala.

“Jika hujan pekerja harus istirahat karena kerangka baja menjadi licin,” kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Secang-Pringsurat-Muntilan-Salam Satuan Non Vertikal Tertentu (SNVT) Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Jateng, Budi Sudirman, di Magelang, Rabu (11/5/2011).

Menurut dia, Sungai Pabelan juga masih sering dilanda banjir lahar dingin meskipun tidak sebesar periode Desember-Maret 2011. Hal itu membuat pengerjaan groundsile dan talut di tebing kanan dan kiri sungai terhambat. Setiap ada banjir, otomatis pengerjaan dihentikan.

Pelaksanaan pembangunan jembatan sudah berhasil memasang 10 segmen rangka baja. Setiap segmen terdiri atas 5 meter. Jembatan Pabelan memiliki bentangan 60 meter, tinggi 5,5 meter, dan lebar 9 meter.

“Kami bekerja siang dan malam. Meskipun ada banjir lahar dan hujan, kami optimistis pemasangan konstruksi rangka baja akan selesai paling lambat pertengahan bulan ini,” katanya.

Ia mengatakan, PT Adhi Karya selaku kontraktor sudah selesai membangun abutmen atau fondasi jembatan. Setelah rangka jembatan selesai dipasang, akan dilanjutkan pelepasan konstruksi rangka counter weight atau jembatan penyeimbang dan kemudian pemasangan pelat besi untuk lantai jembatan.

Kemudian, dilakukan pengecoran lantai jembatan. Untuk fondasi jembatan dan lantai jembatan diberi cairan khusus untuk pengeras.

Pada umumnya bangunan yang dicor baru akan bisa digunakan setelah 28 hari. Karena itu, perlu diberi cairan tersebut agar pekerjaan bisa selesai dalam delapan hingga 10 hari.

Menurut dia, pekerjaan lain yang masih menunggu, antara lain, pengecoran abutmen yang dijadikan tempat pijakan konstruksi jembatan dan pengaspalan lantai jembatan.

Budi optimistis pembangunan jembatan dengan berat kerangka baja 190 ton itu akan selesai tepat waktu sehingga pada minggu pertama Juni 2011 Jembatan Pabelan sudah bisa digunakan kembali. (Sumber Kompas.com)

Sumber: ANT



Kirim Komentar

Baca Komentar ( 0 )

Your email address will not be published. Required fields are marked *

: *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>